ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA PROVIDER TELKOMSEL PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER

Prihanto, Wahyu (2019) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA PROVIDER TELKOMSEL PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.21.1132 Wahyu Prihanto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial Twitter merupakan microblog yang memungkinkan penggunanya untuk menuliskan Tweet tentang berbagai topik dan membahas isuisu yang sedang terjadi. Tweet pada Twitter dapat berbentuk teks, foto, maupun video. Tetapi pada penelitian ini hanya akan menggunakan cuitan yang berbentuk teks saja. Tweet trsebut nantinya akan digunakan untuk membuat analisis sentiment terhadap tingkat kepuasan pengguna provider Telkomsel menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier(NBC). Naïve Bayes Classifier(NBC) adalah algoritma yang menggunakan metode probabilitas dan statistic yang dikemukakan oleh ilmuwan Inggris Thomas Bayes. Ciri utama dari Naïve Bayes ini adalah asumsi yang sangat kuat akan independensi dari masing-masing kondisi/kejadian. Keuntungan menggunaka Naïve Bayes adalah bahwa metode ini hanya membutuhkan data pelatihan yang kecil untuk menentukan estimasi parameter yang diperlukan dalam proses pengklasifikasian. Algoritma ini digunakan sebagai pengklasifikasi Tweet ke dalam tiga sentiment yaitu positif, negative, netral. Penelitian ini berfokus pada pengujian akurasi algoritma Naïve Bayes Classifier tanpa menggunakan metode POS Filtering dan menggunakan metode POS Filtering. Akurasi yang dihasilkan oleh algoritma Naïve Bayes Classifier tanpa menggunakan metode POS Filtering sebesar 90% sedangkan menggunakan metode POS Filtering sebesar 87%. Kesimpulan penelitian ini bahwa akurasi algoritma Naïve Bayes Classifier dapat mencapai 90% tanpa menggunakan metode POS Filtering.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Krisnawati, Krisnawati
Uncontrolled Keywords: Twitter, Klasifikasi, Naïve Bayes Classifier, POS Filtering
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:24
Last Modified: 13 Nov 2023 03:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22799

Actions (login required)

View Item View Item