PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA PELAJARAN IPA KELAS V

Hutari, M. Ade (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA PELAJARAN IPA KELAS V. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - M. Ade Hutari.zip
Restricted to Repository staff only

Download (49MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi 2D berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pernapasan manusia pada pelajaran IPA kelas V serta untuk mengetahui efektivitas penggunaan video animasi 2D berbasis PBL dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kaliurang 1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes pemahaman dan angket respon siswa terhadap penggunaan video animasi 2D berbasis PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi 2D berbasis PBL yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Serta menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa setelah menggunakan video animasi 2D berbasis PBL pada materi sistem pernapasan manusia. Selain itu, angket respon siswa menunjukkan bahwa penggunaan video animasi 2D berbasis PBL dianggap menarik dan membantu siswa memahami konsep pelajaran dengan lebih mudah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan video animasi 2D berbasis PBL pada materi sistem pernapasan manusia pada pelajaran IPA kelas V efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dan dianggap menarik oleh siswa. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru dan pengembang media pembelajaran untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Yuli
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Motion Graphic, Sistem pernapasan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:28
Last Modified: 07 Nov 2023 01:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22720

Actions (login required)

View Item View Item