Suratno, Fadlik (2023) {JALUR MAGANG ARTIST} PEMBUATAN MODELING 3D ENVIRONMENT LANDSCAPE PLANET ASING PADA FILM ANIMASI PENDEK MISSED. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (567kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (46kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Jalur Magang Artist Source Code - Fadlik Suratno.zip Restricted to Repository staff only Download (444MB) |
Abstract
Sebagai bagian dari fase produksi film animasi 3D, proses penting yang harus dilakukan adalah pembuatan model 3D environment. Tujuan utamanya adalah memastikan kelancaran produksi film animasi pendek 3D. Akan tetapi, seringkali proses ini menjadi kompleks karena memerlukan penggunaan berbagai perangkat lunak yang berbeda, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan penurunan efisiensi dan kualitas keseluruhan dari produksi film animasi 3D. Dalam penelitian ini, akan dibahas salah satu teknologi perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembuatan model 3D environment. Pendekatan yang diambil adalah penerapan teknik pembuatan model Polygonal modelling dan penerapan tekstur menggunakan perangkat lunak Blender. Pada teknik pembuatan model polygonal, penekanan diberikan pada pengaturan titik sudut (vertex), titik pusat (point), dan bentuk segi-banyak (polygon). Sedangkan dalam penerapan tekstur, digunakan Teknik Procedural node melalui editor shader. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan tiga tahap dalam perancangan film animasi, yaitu tahap pra produksi, tahap produksi, dan tahap pasca produksi. Hasil akhir yang diharapkan dari penelitian ini adalah penciptaan model 3D environment yang dapat digunakan dalam film animasi 3D. Tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan penggunaan perangkat lunak Blender dalam rangka meningkatkan efisiensi dalam seluruh proses produksi film animasi pendek 3D.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 3D Animasi, Modelling, Texturing, Film, Blender | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 03 Nov 2023 07:45 | ||
Last Modified: | 03 Nov 2023 07:45 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22642 |
Actions (login required)
View Item |