{JALUR MAGANG ARTIST} PEMBUATAN MODELING 3D ENVIRONMENT LANDSCAPE PLANET ASING PADA FILM ANIMASI PENDEK MISSED

Suratno, Fadlik (2023) {JALUR MAGANG ARTIST} PEMBUATAN MODELING 3D ENVIRONMENT LANDSCAPE PLANET ASING PADA FILM ANIMASI PENDEK MISSED. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (567kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Jalur Magang Artist Source Code - Fadlik Suratno.zip
Restricted to Repository staff only

Download (444MB)

Abstract

Sebagai bagian dari fase produksi film animasi 3D, proses penting yang harus dilakukan adalah pembuatan model 3D environment. Tujuan utamanya adalah memastikan kelancaran produksi film animasi pendek 3D. Akan tetapi, seringkali proses ini menjadi kompleks karena memerlukan penggunaan berbagai perangkat lunak yang berbeda, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan penurunan efisiensi dan kualitas keseluruhan dari produksi film animasi 3D. Dalam penelitian ini, akan dibahas salah satu teknologi perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembuatan model 3D environment. Pendekatan yang diambil adalah penerapan teknik pembuatan model Polygonal modelling dan penerapan tekstur menggunakan perangkat lunak Blender. Pada teknik pembuatan model polygonal, penekanan diberikan pada pengaturan titik sudut (vertex), titik pusat (point), dan bentuk segi-banyak (polygon). Sedangkan dalam penerapan tekstur, digunakan Teknik Procedural node melalui editor shader. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan tiga tahap dalam perancangan film animasi, yaitu tahap pra produksi, tahap produksi, dan tahap pasca produksi. Hasil akhir yang diharapkan dari penelitian ini adalah penciptaan model 3D environment yang dapat digunakan dalam film animasi 3D. Tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan penggunaan perangkat lunak Blender dalam rangka meningkatkan efisiensi dalam seluruh proses produksi film animasi pendek 3D.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: 3D Animasi, Modelling, Texturing, Film, Blender
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:45
Last Modified: 03 Nov 2023 07:45
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22642

Actions (login required)

View Item View Item