Yuvita, Nurma (2023) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PERAN TIM KREATIF DALAM PROSES PEMBUATAN VIDEO DOKUMENTER DI DESA WISATA SENDANG JOHOLANANG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (661kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (284kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (83kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.96.0844 - Nurma Yuvita.pdf.zip Restricted to Repository staff only Download (3kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi alam, seni dan budaya yang beragam. Salah satu potensi alam yang dapat dikembangkan adalah hadirnya desa wisata yang mana jika dikelola dengan baik akan mendatangkan keuntungan bagi penduduk lokal. Untuk mencapai hal tersebut, maka dibutuhkan keyakinan, keinginan, dan tekad yang kuat dari masyarakat setempat untuk menjadikan desa mereka menjadi tujuan wisata. Desa wisata yang terdapat di Kabupaten Sleman menawarkan berbagai macam keindahan alam yang dimiliki, sebagai contoh pemandangan bentangan sawah yang masih sejuk, permai, peninggalan budaya, seni dan budaya para leluhur. Video dokumenter adalah format media yang dipilih guna menyampaikan pesan promosi dengan cara yang menarik, informatif dan menyasar emosi penonton. Pembuatan video dokumenter melibatkan proses kolaborasi antara berbagai anggota tim, termasuk produser, sutradara, penulis sekenario, sinematografer, editor, dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran tim kreatif dalam proses pembuatan video dokumenter di Desa Wisata Sendang Joholanang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tim kreatif berperan dalam proses pengambilan gambar, unggah konten di media sosial, dan siaran langsung di YouTube Sendang Joholanang. Pada tahap praproduksi, tim kreatif berperan dalam merancang ide konseptual, sementara saat produksi, mereka tanggung jawab atas siaran langsung di platform seperti YouTube dan Instagram. Kerjasama antar anggota tim menghasilkan video memuaskan. Tim kreatif juga berkolaborasi dengan produser dan penulis skenario untuk merancang konsep, mempertimbangkan audiens target, tujuan komunikasi, dan pesan yang ingin disampaikan dalam video tersebut.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Potensi desa wisata, Video dokumenter, Peran tim kreatif | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 03 Nov 2023 07:23 | ||
Last Modified: | 03 Nov 2023 07:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22635 |
Actions (login required)
View Item |