Ahna, Manunal (2023) {SKEMA FILMMAKER FILM DOKUMENTER} PERAN PENULIS NASKAH DALAM PEMBUATAN PROGRAM DOKUMENTER TELEVISI “KACAMATA INSPIRASI: TULUS HATI SEORANG PEMERHATI ODGJ”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (355kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (86kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Skema Filmmaker Film Dokumenter Source Code 19.96.1447 - Manunal Ahna.zip Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Skema Filmmaker Film Dokumenter Publikasi 19.96.1447 - Manunal Ahna.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
Abstract
“Kacamata Inspirasi” adalah program siaran televisi dokumenter yang menyajikan kisahkisah inspiratif serta insformatif. Program siaran televisi dokumenter merupakan sebuah program yang menyajikan kejadian-kejadian dalam kehidupan yang direkam berdasarkan kenyataan atau realitas sebenarnya. Pada program dokumenter yang berjudul “Tulus Hati Seorang Pemerhati ODGJ” ini menceritakan kegiatan seorang wanita bernama Sinyo yang merupakan seseorang pemerhati ODGJ jalanan asal Yogyakarta. Tujuan Sinyo melakukan giat ini yaitu untuk mempertemukan kembali ODGJ jalanan dengan keluarganya. Dalam produksi program tersebut tidak terlepas dari peran penulis naskah dalam pengembangan ide. Dalam produksi pembuatan dokumenter televisi ini, penulis berperan sebagai penulis naskah yang bertanggung jawab dalam pembuatan naskah dokumenter baik pada saat pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Sebagai penulis naskah, pada tahap pra produksi penulis melakukan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan studi pustaka untuk membuat gambaran awal naskah sebagai acuan pada saat produksi. Pada saat produksi penulis naskah bertugas untuk membantu tim produksi lainnya dalam melakukan wawancara narasumber serta mencatat poin-poin tambahan. Dan pada saat pasca produksi, penulis naskah memiliki tugas dalam melakukan bedah naskah atau editing script menuju draft final naskah dengan menggunakan teori struktur 3 babak, yaitu membagi cerita kedalam 3 babak yang masingmasing dilabeli sebagai pengenalan, pengembangan konflik, dan resolusi. Dengan begitu, penulis dapat membuat konsep penceritaan dengan baik dan pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan kepada khalayak.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Tugas Akhir, Dokumenter, Penulis naskah | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 03 Nov 2023 07:08 | ||
Last Modified: | 03 Nov 2023 07:08 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22631 |
Actions (login required)
View Item |