Kasim, Abbrar (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANATOMI MANUSIA UNTUK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (7MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (246kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Abbrar Kasim.zip Restricted to Repository staff only Download (580B) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) |
Abstract
Augmented Reality (AR) merupakan terobosan atau ide dalam teknologi multimedia. Secara umum AR merupakan pengembangan dari objek nyata dan maya yang berada di lingkungan nyata secara real time, terintegrasi dengan baik dan jelas. Dalam hal ini, tentunya AR jelas menawarkan keunggulan dalam interaksi antara manusia dengan perangkat yang digunakan oleh objek yang memiliki tampilan menarik dan menyerupai objek nyata dalam bentuk tiga dimensi (3D), membuatnya tampak lebih jelas dan real time. Terobosan dalam teknologi AR telah dilakukan di berbagai bidang seperti hiburan, game maupun kedokteran. Meskipun penggunaan AR dalam dunia Pendidikan belum meluas dan beberapa pelajaran masih perlu menampilkan objek visual yang dapat dilihat secara langsung, hal ini terkadang terkendala Batasan objek, jarak dan waktu yang terbatas untuk mencapai proses yang lebih efisien. Menghadapi permasalahan tersebut, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality sebagai sarana pembelajaran anatomi manusia bagi mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Pattimura menggunakan aplikasi berbasis Android. Aplikasi ini dikembangkan dengan Unity 3D. Tujuan peneliti membuat aplikasi ini adalah untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality sebagai sarana pembelajaran anatomi manusia bagi mahasiswa kedokteran Universitas Pattimura. Metodologi yang digunakan penulis adalah metode Multimedia Development Life Cyle (MDLC). Hasil pengembangan aplikasi ini dapat mempermudah pembelajaran mahasiswa kedokteran dan menghafal setiap bagian anatomi manusia dengan cara yang lebih menarik dan mudah diakses.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi Augmented Reality, Media pembelajaran, Anatomi manusia | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 03 Nov 2023 03:25 | ||
Last Modified: | 03 Nov 2023 03:26 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22589 |
Actions (login required)
View Item |