PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANATOMI MANUSIA UNTUK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA

Kasim, Abbrar (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANATOMI MANUSIA UNTUK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Abbrar Kasim.zip
Restricted to Repository staff only

Download (580B)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan terobosan atau ide dalam teknologi multimedia. Secara umum AR merupakan pengembangan dari objek nyata dan maya yang berada di lingkungan nyata secara real time, terintegrasi dengan baik dan jelas. Dalam hal ini, tentunya AR jelas menawarkan keunggulan dalam interaksi antara manusia dengan perangkat yang digunakan oleh objek yang memiliki tampilan menarik dan menyerupai objek nyata dalam bentuk tiga dimensi (3D), membuatnya tampak lebih jelas dan real time. Terobosan dalam teknologi AR telah dilakukan di berbagai bidang seperti hiburan, game maupun kedokteran. Meskipun penggunaan AR dalam dunia Pendidikan belum meluas dan beberapa pelajaran masih perlu menampilkan objek visual yang dapat dilihat secara langsung, hal ini terkadang terkendala Batasan objek, jarak dan waktu yang terbatas untuk mencapai proses yang lebih efisien. Menghadapi permasalahan tersebut, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality sebagai sarana pembelajaran anatomi manusia bagi mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Pattimura menggunakan aplikasi berbasis Android. Aplikasi ini dikembangkan dengan Unity 3D. Tujuan peneliti membuat aplikasi ini adalah untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality sebagai sarana pembelajaran anatomi manusia bagi mahasiswa kedokteran Universitas Pattimura. Metodologi yang digunakan penulis adalah metode Multimedia Development Life Cyle (MDLC). Hasil pengembangan aplikasi ini dapat mempermudah pembelajaran mahasiswa kedokteran dan menghafal setiap bagian anatomi manusia dengan cara yang lebih menarik dan mudah diakses.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Teknologi Augmented Reality, Media pembelajaran, Anatomi manusia
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:25
Last Modified: 03 Nov 2023 03:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22589

Actions (login required)

View Item View Item