Ma’laa, Ali Muhammad Malik (2023) REPRESENTASI MAKNA GOOD LOOKING DALAM IKLAN MS GLOW (ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN MS GLOW X KEANU “CAKEP ITU NASIB, GOOD LOOKING ITU PILIHAN!”). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (810kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (520kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
Abstract
Istilah good looking sering terdengar di lingkungan sosial masyarakat saat ini dan dianggap sebagai previlege bagi sebagian orang. Sebutan good looking sendiri tidak hanya berlaku untuk perempuan tetapi juga untuk laki-laki yang memiliki paras yang menarik dan terawat. Fenomena istilah good looking ini juga yang menjadi senjata pamungkas bagi para pemilik produk kecantikan dan produk perawatan kulit (skin care) untuk memasarkan produk mereka melalui iklan. Salah satu brand perawatan kulit yang memasarkan produknya menggunakan istilah good looking adalah MS Glow. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengurai makna dari istilah good looking ini melalui iklan MS Glow x Keanu versi “cakep itu nasib, good looking itu pilihan!” yang diunggah di Youtube. Dalam iklan tersebut terdapat pesan-pesan yang merepresentasikan good looking dengan menampilkan beberapa unsur yang dianggap menambah nilai good looking seseorang . Tujuan dari penelitian ini untuk membedah makna dan tanda-tanda yang menggandung unsur good looking. Metode yang akan digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis semiotika dari Charles Sanders Peirce dan teori representasi Stuart Hall sebagai pisau bedah karena dapat menguraikan representasi tanda-tanda yang ada dalam sebuah iklan secara mendalam. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data akan dilakukan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan juga melalui literatur di internet.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Good looking, Semiotika, Charles Sanders Pierce, MS Glow | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 03 Nov 2023 02:41 | ||
Last Modified: | 03 Nov 2023 02:41 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22581 |
Actions (login required)
View Item |