REPRESENTASI MAKNA GOOD LOOKING DALAM IKLAN MS GLOW (ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN MS GLOW X KEANU “CAKEP ITU NASIB, GOOD LOOKING ITU PILIHAN!”)

Ma’laa, Ali Muhammad Malik (2023) REPRESENTASI MAKNA GOOD LOOKING DALAM IKLAN MS GLOW (ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN MS GLOW X KEANU “CAKEP ITU NASIB, GOOD LOOKING ITU PILIHAN!”). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (810kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)

Abstract

Istilah good looking sering terdengar di lingkungan sosial masyarakat saat ini dan dianggap sebagai previlege bagi sebagian orang. Sebutan good looking sendiri tidak hanya berlaku untuk perempuan tetapi juga untuk laki-laki yang memiliki paras yang menarik dan terawat. Fenomena istilah good looking ini juga yang menjadi senjata pamungkas bagi para pemilik produk kecantikan dan produk perawatan kulit (skin care) untuk memasarkan produk mereka melalui iklan. Salah satu brand perawatan kulit yang memasarkan produknya menggunakan istilah good looking adalah MS Glow. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengurai makna dari istilah good looking ini melalui iklan MS Glow x Keanu versi “cakep itu nasib, good looking itu pilihan!” yang diunggah di Youtube. Dalam iklan tersebut terdapat pesan-pesan yang merepresentasikan good looking dengan menampilkan beberapa unsur yang dianggap menambah nilai good looking seseorang . Tujuan dari penelitian ini untuk membedah makna dan tanda-tanda yang menggandung unsur good looking. Metode yang akan digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis semiotika dari Charles Sanders Peirce dan teori representasi Stuart Hall sebagai pisau bedah karena dapat menguraikan representasi tanda-tanda yang ada dalam sebuah iklan secara mendalam. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data akan dilakukan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan juga melalui literatur di internet.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astria, Kadek Kiki
Uncontrolled Keywords: Good looking, Semiotika, Charles Sanders Pierce, MS Glow
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:41
Last Modified: 03 Nov 2023 02:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22581

Actions (login required)

View Item View Item