Sadewo, Bagus (2023) PEMANFAATAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN KONTEN MEME DALAM MENINGKATKAN ONLINE ENGAGEMENT INSTAGRAM @OPTIKALUNETT. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (395kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (478kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (123kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) |
Abstract
Strategi pemasaran yang digunakan merek-merek saat ini semakin kreatif. Salah satunya seperti yang dilakukan merek kacamata lokal Optika Lunett. Pemasarannya dilakukan dengan memproduksi konten meme dan dibagikan lewat media sosial Instagram-Nya. Konten meme yang mereka bagikan mendapat banyak perhatian dari audiens di Instagram.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penggunaan konten meme oleh @Optikalunett di Instagram terhadap online engagament. Penelitian ini menggunakan teori pemasaran media sosial dan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konten meme oleh @Optikalunett berpengaruh terhadap online engagement ditinjau dari jumlah like dan komentar. Hasil ini diperoleh karena @Optikalunett tetap menerapkan prinsip pemasaran media sosial dan komunikasi pemasaran. Pertama, konten meme yang diproduksi selalu menyesuaikan target pasar dan target audiens sehingga topik konten sangat relevan dengan target pasar merek. Kedua, @Optikalunett memanfaatkan Instagram untuk memproduksi, membagikan, dan membangun komunitas. Ketiga, pemanfaatan meme sebagai strategi komunikasi pemasaran @Optikalunett ini memanfaatkan fitur Instagram sebagai pemasaran media sosial. Terakhir, konten meme mereka sesuai dengan konsep dan identitas Optika Lunett sendiri sehingga tidak meninggalkan karakter dari merek. Dari hasil ini, maka disimpulkan bahwa penggunaan konten meme bisa berpengaruh terhadap online engagament merek ketika merek tetap memperhatikan prinsip pemasaran media sosial dan komunikasi pemasarannya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Konten meme, Pemasaran Media Sosial, Instagram sebagai Pemasaran Media Sosial, Online Engagement | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 03 Nov 2023 02:31 | ||
Last Modified: | 03 Nov 2023 02:31 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22577 |
Actions (login required)
View Item |