PEMANFAATAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN KONTEN MEME DALAM MENINGKATKAN ONLINE ENGAGEMENT INSTAGRAM @OPTIKALUNETT

Sadewo, Bagus (2023) PEMANFAATAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN KONTEN MEME DALAM MENINGKATKAN ONLINE ENGAGEMENT INSTAGRAM @OPTIKALUNETT. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)

Abstract

Strategi pemasaran yang digunakan merek-merek saat ini semakin kreatif. Salah satunya seperti yang dilakukan merek kacamata lokal Optika Lunett. Pemasarannya dilakukan dengan memproduksi konten meme dan dibagikan lewat media sosial Instagram-Nya. Konten meme yang mereka bagikan mendapat banyak perhatian dari audiens di Instagram.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penggunaan konten meme oleh @Optikalunett di Instagram terhadap online engagament. Penelitian ini menggunakan teori pemasaran media sosial dan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konten meme oleh @Optikalunett berpengaruh terhadap online engagement ditinjau dari jumlah like dan komentar. Hasil ini diperoleh karena @Optikalunett tetap menerapkan prinsip pemasaran media sosial dan komunikasi pemasaran. Pertama, konten meme yang diproduksi selalu menyesuaikan target pasar dan target audiens sehingga topik konten sangat relevan dengan target pasar merek. Kedua, @Optikalunett memanfaatkan Instagram untuk memproduksi, membagikan, dan membangun komunitas. Ketiga, pemanfaatan meme sebagai strategi komunikasi pemasaran @Optikalunett ini memanfaatkan fitur Instagram sebagai pemasaran media sosial. Terakhir, konten meme mereka sesuai dengan konsep dan identitas Optika Lunett sendiri sehingga tidak meninggalkan karakter dari merek. Dari hasil ini, maka disimpulkan bahwa penggunaan konten meme bisa berpengaruh terhadap online engagament merek ketika merek tetap memperhatikan prinsip pemasaran media sosial dan komunikasi pemasarannya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astria, Kadek Kiki
Uncontrolled Keywords: Konten meme, Pemasaran Media Sosial, Instagram sebagai Pemasaran Media Sosial, Online Engagement
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:31
Last Modified: 03 Nov 2023 02:31
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22577

Actions (login required)

View Item View Item