PEMBUATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN PADA BA AISYIYAH TANGKISAN POS KLATEN

Hadiyani, Hanny Nurul (2023) PEMBUATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN PADA BA AISYIYAH TANGKISAN POS KLATEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (975kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Hanny Nurul Hadiyani.rar
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)

Abstract

BA Aisyiyah Tangkisan Pos adalah sebuah tempat Pendidikan anak usiadini yang berada pada Kabupaten Klaten. Saat ini, BA Aisyiyah Tangkisan Posmasih menggunakan metode pemebelajaran yang konvesional, yaitu pembelajaranyang terpaku pada guru dengan memberikan gambaran visual pada buku bacaan,atau gambar dalam buku cetak sebagai media pembelajaran. Hal ini membuatproses pembelajaran terlihat jenuh dan kurang menarik bagi anak-anak. Anak usia dini biasanya lebih aktif bermain daripada memperhatikan proses pembelajaranjuga memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Dengan kata lain, anak-anaktentunya membutuhkan sebuah inovasi yang dapat menarik rasa ingin tau anaktersebut. Trobosan baru yang sesuai dengan proses pembelajaran anak usia dinipada BA Aisyiyah Tangkisan Pos yaitu dengan media interaktif Augmented Realityatau AR pada materi Hewan. Augemented reality adalah media pembelajaran yangmemuat gambar 3 dimensi dengan menyambungkan antara dunia virtual yang mampu memproyeksikan ke dunia nyata secara realtime, dengan menggunakan perangkat yang sudah ditentukan. Dengan adanya media pembelajaran AugmentedReality ini akan membantu anak dalam pembelajaran tentang hewan sebagai objekpembelajaran. Augemented reality juga bisa menggantikan modul pembelajaran anak-anak, tetapi anak-anak tersebut dapat bisa melihat modul asli namun denganbentuk virtual. Agar pembelajaran menjadi efektif, penulis mencoba memberi solusi dengan metode Markerbase. Metode Markerbased tracking adalah metodeAugmented reality yang menggunakan marker atau penanda objek dengan menggunakan dua dimensi, yang akan dibaca melalu media kamera yang tersambung dengan computer. Berdasarkan masalah yang telah diuraikan diatas,penulis membuat penelitian “Pembuatan Augmented Reality Sebagai MediaPembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan pada BA Aisyiyah Tangkisan PosKlaten” sebagai media pendukung untuk materi pengenalan hewan dalam Pendidikan anak usia dini pada BA Aisyiyah Tangkisan Pos Klaten,

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Anak Usia Dini, Augmented Reality, Markerbase
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:24
Last Modified: 01 Nov 2023 07:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22439

Actions (login required)

View Item View Item