Hadiyani, Hanny Nurul (2023) PEMBUATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN PADA BA AISYIYAH TANGKISAN POS KLATEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (975kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (49kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Hanny Nurul Hadiyani.rar Restricted to Repository staff only Download (42MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) |
Abstract
BA Aisyiyah Tangkisan Pos adalah sebuah tempat Pendidikan anak usiadini yang berada pada Kabupaten Klaten. Saat ini, BA Aisyiyah Tangkisan Posmasih menggunakan metode pemebelajaran yang konvesional, yaitu pembelajaranyang terpaku pada guru dengan memberikan gambaran visual pada buku bacaan,atau gambar dalam buku cetak sebagai media pembelajaran. Hal ini membuatproses pembelajaran terlihat jenuh dan kurang menarik bagi anak-anak. Anak usia dini biasanya lebih aktif bermain daripada memperhatikan proses pembelajaranjuga memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Dengan kata lain, anak-anaktentunya membutuhkan sebuah inovasi yang dapat menarik rasa ingin tau anaktersebut. Trobosan baru yang sesuai dengan proses pembelajaran anak usia dinipada BA Aisyiyah Tangkisan Pos yaitu dengan media interaktif Augmented Realityatau AR pada materi Hewan. Augemented reality adalah media pembelajaran yangmemuat gambar 3 dimensi dengan menyambungkan antara dunia virtual yang mampu memproyeksikan ke dunia nyata secara realtime, dengan menggunakan perangkat yang sudah ditentukan. Dengan adanya media pembelajaran AugmentedReality ini akan membantu anak dalam pembelajaran tentang hewan sebagai objekpembelajaran. Augemented reality juga bisa menggantikan modul pembelajaran anak-anak, tetapi anak-anak tersebut dapat bisa melihat modul asli namun denganbentuk virtual. Agar pembelajaran menjadi efektif, penulis mencoba memberi solusi dengan metode Markerbase. Metode Markerbased tracking adalah metodeAugmented reality yang menggunakan marker atau penanda objek dengan menggunakan dua dimensi, yang akan dibaca melalu media kamera yang tersambung dengan computer. Berdasarkan masalah yang telah diuraikan diatas,penulis membuat penelitian “Pembuatan Augmented Reality Sebagai MediaPembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan pada BA Aisyiyah Tangkisan PosKlaten” sebagai media pendukung untuk materi pengenalan hewan dalam Pendidikan anak usia dini pada BA Aisyiyah Tangkisan Pos Klaten,
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Anak Usia Dini, Augmented Reality, Markerbase | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Nov 2023 07:24 | ||
Last Modified: | 01 Nov 2023 07:24 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22439 |
Actions (login required)
View Item |