Maharani, Salma Resi (2023) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PERAN SCRIPT WRITER DALAM MEMBANGUN EMPATI DAN MENYAMPAIKAN NILAI SOSIAL MELALUI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “PRA-SANGKA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (696kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (43kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Skema Artis Content Creator Source Code - Salma Resi Maharani.zip Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
Abstract
Penulis naskah atau script writer merupakan seorang pekerja kreatif yang bertugas menulis cerita untuk direalisasikan dalam bentuk sebuah tayangan berupa audio visual. Bentuk dari pembuatan karya audio visual salah satunya adalah Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Iklan layanan masyarakat dibuat dengan tujuan mempersuasi masyarakat agar timbul kesadaran masyarakat supaya terjadi perubahan perilaku pada masyarakat terkait dengan masalah yang disampaikan. Iklan layanan masyarakat adalah iklan sosialisasi yang berasal dari suatu lembaga atau organisasi yang berisi informasi atau edukasi kepada masyarakat dengan topik tertentu. Iklan layanan masyarakat “Pra-Sangka” memuat tentang edukasi berupa toleransi umat beragama dengan penyajian yang sederhana sehingga penonton mudah menerima isi dan mengingat nilai sosial yang disampaikan. Dalam iklan layanan masyarakat yang berjudul “Pra-Sangka” penulis bertugas mengembangkan ide-ide yang akan dituangkan dalam tayangan audio visual dan menentukan target audience yang akan dijadikan sasaran sehingga dalam proses pembuatan cerita penulis mengkaitkan strategi komunikasi persuasif menggunakan teori Elaboration Likelihood Model dalam iklan tersebut. Dengan mengangkat tema SARA pada karya iklan layanan masyarakat dapat menumbuhkan sikap toleransi mulai dari halhal yang kecil sehingga untuk menghargai perbedaan yang sifatnya lebih besar akan lebih mudah. Penulis berharap setelah menonton iklan ini penonton menjadi lebih menghargai perbedaan khususnya dalam antar umat beragama.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Script writer, Iklan layanan masyarakat, Audio visual | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 31 Oct 2023 06:58 | ||
Last Modified: | 31 Oct 2023 06:58 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22323 |
Actions (login required)
View Item |