ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA DI GOOGLE PLAY STORE MENGENAI APLIKASI TIKTOK MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

Manafe, Immanuel Yofi Zakarias (2023) ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA DI GOOGLE PLAY STORE MENGENAI APLIKASI TIKTOK MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 19.11.2737 Immanuel Manafe.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)

Abstract

TikTok adalah sebuah aplikasi yang telah diunduh lebih dari 500 juta kali dari Google Play Store, dan biasanya dimanfaatkan oleh content creator untuk membuat video-video singkat yang dapat dinikmati oleh orang lain. Dengan semakin banyaknya pengguna Tiktok, membuat penggunanya memberikan pendapat mereka mengenai aplikasi tersebut di media sosoial. Peneliti ingin melakukan riset mengenai kinerja aplikasi tersebut melalui pendapat pengguna Tiktok yang diutarakan di Google Play Store. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data dari Google Play Store dan mengklasifikasikan sentimen menjadi positif, negatif, atau netral. Tahap-tahap pada penelitian ini adalah data cleaning, case folding, tokenizing, filtering, stemming. Kemudian menghitung bobot tiap kata menggunakan TF-IDF. Metode analisis sentiment yang digunakan yaitu Naïve Bayes Classifier (NBC). Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi contentcreator dan pemerintah dalam memantau sentiment publik tentang aplikasi TikTok. Selain itu, hasil penelitian juga dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya dalam pengembangan metode analisis sentimen. Hasil pengujian dari 10000 data menggunakan metode Naïve Bayes di peroleh rata-rata recall 94%, precision 89% dan akurasi 85%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Seniwati, Erni
Uncontrolled Keywords: Analisis sentimen, Naïve bayes, Tiktok
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:58
Last Modified: 30 Oct 2023 02:58
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22167

Actions (login required)

View Item View Item