PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BAGIAN-BAGIAN TUBUH HEWAN PADA TK PKK CONDONG CATUR BERBASIS VIDEO

Purwanto, Yakobus Erpindi (2023) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BAGIAN-BAGIAN TUBUH HEWAN PADA TK PKK CONDONG CATUR BERBASIS VIDEO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 19.11.2835 Yakobus Erpindi Purwanto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (98MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia Pendidikan semakin meningkat setiap tahunnya. Anak-anak lebih tertarik belajar melalui video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat media pembelajaran mengenal bagianbagian tubuh hewan pada TK PKK Condong Catur Berbasis Video. Alur dari penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu pengumpulan data, analisis masalah, perancangan solusi, testing, analisis hasil, implementasi dan dokumentasi. Sebelum di implementasikan dilakukan uji kelayakan dengan menggunakan kuisoner terhadap 30 orang responden. Untuk mengolah data kuisioner digunakan skala likert. Hasil uji kelayakan mendapat persentase 84,2% dengan kategori sangat baik. Setelah mendapat hasil yang sangat baik dalam uji kelayakan, implementasi pun dilakukan. Sebelum anak-anak TK PKK menonton video pembelajaran mengenal bagian-bagian tubuh hewan, mereka diminta untuk menjawab tes dengan melengkapi bagian-bagian tubuh yang hilang pada pertanyaan tes yang sudah disiapkan sebelumnya. Pertanyaan tes ini berjumlah 5. Setelah mereka menyelesaikan tes, mereka menonton video pembelajaran mengenal bagian-bagian tubuh hewan yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian setelah selesai menonton video, anak-anak TK diminta untuk menyawab atau melengkapi bagian-bagian tubuh hewan yang hilang pada lembaran pertanyaan yang sudah disiapkan. Tes pertama dan kedua dilakukan dengan pertanyaan yang sama. Berdasarkan hasil dari tes pertama dan kedua, maka diperoleh persentase kenaikan nilai anak-anak TK sebesar 62.8% setelah menonton video pembelajaran mengenal bagian-bagian tubuh hewan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hadinegoro, Arifiyanto
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Animasi, Video
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:05
Last Modified: 30 Oct 2023 02:05
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22148

Actions (login required)

View Item View Item