PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANIMASI MENGENAL ALAT MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC PADA KB TAMAN INDRIA III

Widigdo, Suluh (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANIMASI MENGENAL ALAT MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC PADA KB TAMAN INDRIA III. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Suluh Widigdo.rar
Restricted to Repository staff only

Download (217B)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Perkembangan zaman telah memasuki era dimana semua hal mengalami digitalisasi tak terkecuali proses belajar mengajar yang terjadi pada strata pendidikan anak usia dini. Dalam sistem yang ada sekarang pemberian materi terutama tentang pengenalan alat musik masih menggunakan alat peraga nyata yang menimbulkan ketidakefektifan ketika instansi tak memiliki alat peraga yang lengkap hal ini membuat anak kurang maksimal dalam mengerti sebuah materi yang diberikan sehingga proses belajar mengajar menjadi kurang efektif dan cenderung membosankan inilah yang terjadi pada KB Taman Indria III di Desa Wiroto Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Terobosan dalam proses belajar mengajar perlu dilakukan ketika penyampaian materi salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran berupa video animasi motion graghic. Penggunaan animasi akan memberikan warna baru dalam proses belajar mengajar terlebih dalam animasi dapat mencakup unsur audio visual sehingga akan menarik perhatian anak untuk timbul rasa ingin tau yang pada akhirnya membuat anak dapat mengidentifikasi alat musik mulai dari nama, jenis, cara memainkan, bunyi, dan contohnya. Pembuatan animasi motion graphic akan bertumpu pada penggunaan aplikasi-aplikasi keluarga Adobe mulai dari pembuatan aset yang menggunakan Adobe Ilustrator, proses animasi yang memakai Adobe After Effect, serta proses compositing yang memerlukan Adobe Premiere. Semua proses akan berakhir menjadi sebuah video animasi motion graphic tentang pengenalan alat musik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Ibnu Hadi
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Alat musik, Animasi, Motion Graphic
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:50
Last Modified: 27 Oct 2023 02:50
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22065

Actions (login required)

View Item View Item