PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARANHURUF HIJAIYAH DI TK ABA PERUMNAS CONDONG CATUR

Asyikin, Nur (2023) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARANHURUF HIJAIYAH DI TK ABA PERUMNAS CONDONG CATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (939kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Nur Asyikin.zip
Restricted to Repository staff only

Download (2kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)

Abstract

Pembelajaran huruf hijaiyah yang dilakukan sekarang di TK ABA Perumnas Condong Catur masih menerapkan pembelajaran yang konvensional. penggunaan media tersebut dirasa kurang efektif dan kurang menarik diperlukannya inovasi baru agar menambah minat siswa dalam belajar huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah pada smartphone berbasis Augmented Reality. Metode yang digunakan untuk perancangan yaitu Unified Modelling Language (UML) dan pengembangan aplikasi menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ini menggunakan teknologi AR untuk menampilkan informasi visua dan suara pada layar smartphone saat pengguna mengarahkan kamera ke objek. Aplikasi ini dibuat untuk memberikan pengalaman pembelajaran hurufhijaiyah yang interaktif dan menghibur bagi pengguna. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa implementasi aplikasi AR sebagai sarana pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah berhasil memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif bagi siswa di TK ABA Perumnas Condong Catur. Evaluasi penggunaan aplikasi AR mengungkapkan bahwa tingkat kepuasan siswa sebesar 92,3% yang berarti implementasinya “Sangat Setuju” terhadap aplikasi. Disamping itu, aplikasi AR juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap huruf hijaiyah. Secara kesimpulannya, penelitian ini berhasil menerapkan teknologi AR sebagai media pembelajaran untuk pengenalan huruf hijaiyah di TK ABA Perumnas Condong Catur. Diharapkan bahwa pengembangan lebih lanjut dandistribusi aplikasi ini akan memberikan manfaat yang lebih luas dala proses pembelajaran huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurcholis, Muhammad Tofa
Uncontrolled Keywords: Huruf hijaiyah, Augmented reality, TK ABA Perumnas CondongCatur, Interaktif, Pengenalan Huruf Hijaiyah
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:00
Last Modified: 27 Oct 2023 02:00
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22061

Actions (login required)

View Item View Item