Asyikin, Nur (2023) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARANHURUF HIJAIYAH DI TK ABA PERUMNAS CONDONG CATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (939kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Nur Asyikin.zip Restricted to Repository staff only Download (2kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
Abstract
Pembelajaran huruf hijaiyah yang dilakukan sekarang di TK ABA Perumnas Condong Catur masih menerapkan pembelajaran yang konvensional. penggunaan media tersebut dirasa kurang efektif dan kurang menarik diperlukannya inovasi baru agar menambah minat siswa dalam belajar huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah pada smartphone berbasis Augmented Reality. Metode yang digunakan untuk perancangan yaitu Unified Modelling Language (UML) dan pengembangan aplikasi menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ini menggunakan teknologi AR untuk menampilkan informasi visua dan suara pada layar smartphone saat pengguna mengarahkan kamera ke objek. Aplikasi ini dibuat untuk memberikan pengalaman pembelajaran hurufhijaiyah yang interaktif dan menghibur bagi pengguna. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa implementasi aplikasi AR sebagai sarana pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah berhasil memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif bagi siswa di TK ABA Perumnas Condong Catur. Evaluasi penggunaan aplikasi AR mengungkapkan bahwa tingkat kepuasan siswa sebesar 92,3% yang berarti implementasinya “Sangat Setuju” terhadap aplikasi. Disamping itu, aplikasi AR juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap huruf hijaiyah. Secara kesimpulannya, penelitian ini berhasil menerapkan teknologi AR sebagai media pembelajaran untuk pengenalan huruf hijaiyah di TK ABA Perumnas Condong Catur. Diharapkan bahwa pengembangan lebih lanjut dandistribusi aplikasi ini akan memberikan manfaat yang lebih luas dala proses pembelajaran huruf hijaiyah.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Huruf hijaiyah, Augmented reality, TK ABA Perumnas CondongCatur, Interaktif, Pengenalan Huruf Hijaiyah | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Oct 2023 02:00 | ||
Last Modified: | 27 Oct 2023 02:00 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22061 |
Actions (login required)
View Item |