PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Kasus: SD Muhammadiyah Mutihan)

Putra, Muhammad Giovanni Sukma (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Kasus: SD Muhammadiyah Mutihan). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (822kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Giovanni Sukma.zip
Restricted to Repository staff only

Download (128MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D atau (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis komputer berupa multimedia pembelajaran interaktif dan persiapan tersebut meliputi delapan tahap yaitu: identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, perumusan butir materi, perumusan alat pengukur keberhasilan, penulisan naskah media, tes uji coba, revisi, dan produksi media. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan 1) Membuat materi pelajaran Bahasa Indonesia dalam bentuk media interaktif untuk membantu guru dalam menjelaskan materi sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan secara efektif,aktif dan efisien. 2) Penyajian materi pelajaran pada pokok bahasan dengan menggunakan multimedia pembelajaran berbasis proyek diharapkan dapat menarik minat dan motivasi siswa, membangkitkan gairah siswa untuk mempelajari kembali materi yang disajikan melalui kombinasi atau gabungan antara teks, audio, video yang sangat menarik sehingga hasil belajar siswa meningkat. 3) Menghasilkan model pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia untuk memenuhi kebutuhan siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan. Dan menghasilkan Hasil validasi media pembelajaran interaktif mendapatkan persentase tingkat pencapaiannya sebesar 94,67% berada pada kualifikasi sangat baik, sehingga dari segi isi atau substansi materi yang disajikan dalam multimedia interaktif ini tidak perlu direvisi. Multimedia pembelajaran interaktif dari segi ahli isi mata pelajaran tersebut termasuk kriteria sangat baik, salah satu penyebabnya yaitu kesesuaian isi dengan tujuan pembelajaran sangat penting dalam pembuatan media. Sejalan dengan pendapat ahli bahwa dalam menilai aspek multimedia perlu memperhatikan tujuan pembelajaran yang jelas beserta ketersediaan contoh dalam multimedia pembelajaran. Berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Surat kelas IV Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Mutihan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Andriani, Ria
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Media pembelajaran interaktif, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:26
Last Modified: 26 Oct 2023 03:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22008

Actions (login required)

View Item View Item