PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME` EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS DESKTOP

Syarifuddin, Firhan (2020) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME` EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS DESKTOP. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 16.12.9340 Firhan Syarifuddin.zip
Restricted to Repository staff only

Download (219MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)

Abstract

Game merupakan media hiburan dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran juga yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat, terutama oleh kaum anak – anak. Game yang dijadikan sebagai media pembelajaran untuk anak biasa disebut dengan game edukasi. Dengan game edukasi ini, proses pembelajaran anak akan menjadi lebih menyenangkan. Tujuan dari pembuatan game edukasi untuk meningkatkan daya kreatifitas dan meningkatkan minat belajar anak. Sehingga anak akan lebih bersemangat untuk belajar. Di jaman seperti sekarang ini, terutama di Negara Indonesia, banyak developer atau pembuat dan pengembang game membuat game yang bertemakan edukasi. Game ini memiliki grafik 2D. Namun, mayoritas game edukasi yang dibangun masih terlihat kuno dari segi tampilan. Dan juga terkadang banyak anak yang saat memainkan game edukasi tersebut kesulitan saat bermain karena tidak paham terhadap alur permainan game tersebut. Oleh karena itu, pada penelitian ini saya sebagai penulis akan merancang dan membangun sebuah game edukasi matematika berbasis desktop. Game ini sendiri berjudul “I’m Smart”. Game ini bercerita tentang seorang anak yang kesulitan saat belajar matematika dalam rangka menghadapi ujian di sekolahnya. Anak ini bernama Jaya. Jaya harus berhitung satu demi satu model perhitungan (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) yang setiap levelnya berbeda agar dapat mengikuti ujian dengan lancar. Game edukasi ini sendiri ditujukan untuk anak usia 7 – 12 tahun yaitu setara dengan anak kelas 3 – 6 Sekolah Dasar. Game ini dibangun menggunakan RPG Maker MV dan Adobe Photoshop untuk pembuatan asset karakter dan map nya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Dahlan, Akhmad
Uncontrolled Keywords: Game 2D, Game edukasi matematika, RPG Maker MV, Adobe Photoshop
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:10
Last Modified: 05 Feb 2024 01:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21862

Actions (login required)

View Item View Item