PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN LANGKA DI INDONESIA UNTUK ANAK BERBASIS ANDORID

Yudho N, Gema Setyo (2018) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN LANGKA DI INDONESIA UNTUK ANAK BERBASIS ANDORID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_14.11.7687 Gema Setyo Yudho N.zip
Restricted to Repository staff only

Download (260MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.11.7687 Gema Setyo Yudho N.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan pada anak sangat penting. Namun hal yang tidak kalah penting adalah metode dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran dan penanaman tentang suatu hal kepada anak.. Hubungan antara manusia dan smartphone yang semakin tidak terpisahkan ini bisa di manfaatkan sebagai media edukasi dan hiburan. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality yang diaplikasikan pada platform Android, maka dibuatlah aplikasi android yang digunakan untuk memperkenalkan hewan langka yang ada di Indonesia dan memberi pengetahuan dasar kepada anak – anak usia 4 sampai 6 tahun . Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan Langka di Indonesia ini menggabungkan gambarr hewan dan virtual reality(penglihatan virtual). Marker yang berbentuk gambar hewan yang berbentuk 2D akan ditangkap oleh kamera mobile device kemudian diproses dan akan tampak animasi 3D hewan pada layar secara Realtime. Dengan menggabungkan dunia nyata dan virtual. Aplikasi ini juga dilengkapi pengetahuan singkat mengenai hewan langka. Pembuatan animasi 3D hewan menggunakan software 3D Blender dan proses AR dibuat menggunakan game engine Unity dan library Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun memungkinkan menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality dan implementasi aplikasi ke mobile device berbasis Android. Setelah aplikasi ini dibuat diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk orang tua dalam memperkenalkan hewan langka dan menumbuhkan imajinasi anak untuk semangat belajar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media pembelajaran
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Sep 2023 05:02
Last Modified: 21 Sep 2023 05:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21572

Actions (login required)

View Item View Item