Yudho N, Gema Setyo (2018) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN LANGKA DI INDONESIA UNTUK ANAK BERBASIS ANDORID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (241kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_14.11.7687 Gema Setyo Yudho N.zip Restricted to Repository staff only Download (260MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.11.7687 Gema Setyo Yudho N.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan pada anak sangat penting. Namun hal yang tidak kalah penting adalah metode dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran dan penanaman tentang suatu hal kepada anak.. Hubungan antara manusia dan smartphone yang semakin tidak terpisahkan ini bisa di manfaatkan sebagai media edukasi dan hiburan. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality yang diaplikasikan pada platform Android, maka dibuatlah aplikasi android yang digunakan untuk memperkenalkan hewan langka yang ada di Indonesia dan memberi pengetahuan dasar kepada anak – anak usia 4 sampai 6 tahun . Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan Langka di Indonesia ini menggabungkan gambarr hewan dan virtual reality(penglihatan virtual). Marker yang berbentuk gambar hewan yang berbentuk 2D akan ditangkap oleh kamera mobile device kemudian diproses dan akan tampak animasi 3D hewan pada layar secara Realtime. Dengan menggabungkan dunia nyata dan virtual. Aplikasi ini juga dilengkapi pengetahuan singkat mengenai hewan langka. Pembuatan animasi 3D hewan menggunakan software 3D Blender dan proses AR dibuat menggunakan game engine Unity dan library Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun memungkinkan menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality dan implementasi aplikasi ke mobile device berbasis Android. Setelah aplikasi ini dibuat diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk orang tua dalam memperkenalkan hewan langka dan menumbuhkan imajinasi anak untuk semangat belajar.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Media pembelajaran | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Sep 2023 05:02 | ||
Last Modified: | 21 Sep 2023 05:02 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21572 |
Actions (login required)
View Item |