ANALISIS SENTIMEN TERHADAP BRAND XIAOMI PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE

Permadi, Wahyu (2021) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP BRAND XIAOMI PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-19.21.1364-Wahyu Permadi.rar
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-19.21.1364-Wahyu Permadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)

Abstract

Xiaomi merupakan perusahaan elektronik smartphone berasal dari Tiongkok yang didirikan pada tahun 2010 dan berkantor pusat di Beijing. Xiaomi mampu bersaing dalam perkembangan bisnis dan sudah terkenal dengan pengembangan mulai dari kualitas, fitur dan harga. Opini dari masyarakat sangat berpengaruh, diperlukan metode untuk mengatasi masalah tersebut. Analisis Sentimen adalah penelitian yang mengolah tentang opini dari masyarakat dalam bentuk data teks. Data yang digunakan untuk diproses didapat dari platform media sosial Twitter. Twitter merupakan media sosial yang biasa digunakan untuk menyampaikan opini dari penggunanya. Data yang ada pada Twitter berupa data teks, gambar dan video. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data teks. Data tweet akan diproses menggunakan algoritma Support Vector Machine. Support Vector Machine merupakan salah satu metode penggalian teks yang dapat mengkategorikan opini. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengklasifikasi sehingga memperoleh opini positif dan negatif menggunakan algoritma Support Vector Machine. Dataset yang digunakan terdiri dari 2 data yang merupakan training dan testing. Pada data training diproses labeling secara manual. Dalam melakukan pengujian performa algoritma menggunakan metode K-Fold Cross Validation. Untuk proses data testing melakukan crawling data twitter secara realtime dan data yang dihasilkan kemudian melakukan proses pelabelan dan proses Preprocessing menggunakan system. Maka dari itu ouput akhir yang ditampilkan berbentuk sentiment positif dan negative dari hasil crawling data twitter yang sebelumnya. Hasil evaluasi proses pengujian kemudian mendapatkan nilai akurasi rata – rata sebesar 79%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hartanto, Anggit Dwi
Uncontrolled Keywords: Python, Text minning, Analisis sentimen, Support vector machine
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:37
Last Modified: 18 Sep 2023 07:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21493

Actions (login required)

View Item View Item