PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN GERHANA MATAHARI DAN BULAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID Studi Kasus : SD N DUKUH

Fathurahman, Nur Akhmad (2020) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN GERHANA MATAHARI DAN BULAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID Studi Kasus : SD N DUKUH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (491kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Nur Akhmad Fatkhurohman.rar
Restricted to Repository staff only

Download (591MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi - Nur Akhmad Fatkhurohman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Augmented Reality (AR) dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time. AR dapat digunakan untuk membantu memvisualisasikan konsep abstrak untuk pemahaman dan struktur suatu model objek. Beberapa aplikasi AR dirancang untuk memberikan informasi yang lebih detail pada pengguna dari objek nyata. Media merupakan sebuah alat atau objek yang berfungsi sebagai penghubung antara penerima dan pengirim pesan. Media pembelajaran merupakan suatu alat perantara antara pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran yang mampu menghubungkan, memberi informasi dan menyalurkan pesan sehingga tercipta proses pembelajaran efektif dan efisien. Media pembelajaran mengakibatkan terjadinya sebuah komunikasi antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Apabila dalam proses pembelajaran tidak menggunakan media maka tidak akan terjadi proses pembelajaran. Pemanfaatan media pendidikan menggunakan Augmented Reality dapat merangsang pola pikir peserta didik dalam berpikiran kritis terhadap sesuatu masalah dan kejadian yang ada pada keseharian, karena sifat dari media pendidikan adalah membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan ada atau tidak adanya pendidik dalam proses pendidikan, sehingga pemanfaatan media pendidikan dengan augmented reality dapat secara langsung memberikan pembelajaran dimanapun dan kapanpun peserta didik ingin melaksanakan proses pembelajaran. Pada tugas akhir ini, dikembangkan sebuah aplikasi Augmented Reality yang ditujukan kepada para guru dan orang tua sebagai alat pembelajaran untuk anak – anak usia dini. Aplikasi ini dibuat dengan Vuforia SDK sebagai alat untuk mengembangkan Augmented Reality dengan C# Csharp berbasis Android. Aplikasi pengenalan gerhana matahari dan bulan berbasis Augmented Reality dapat membaca marker cetak yang sudah di buat yang akan menampilkan model 3 dimensi di layar perangkat Android.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, Media pembelajaran, Gerhana matahari dan bulan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:10
Last Modified: 31 Jan 2024 04:52
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21484

Actions (login required)

View Item View Item