PERANCANGAN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI DESA MENGGUNAKAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN (Studi Kasus: Desa Kabongan Kidul)

Fadilla, Aditya Galih (2023) PERANCANGAN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI DESA MENGGUNAKAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN (Studi Kasus: Desa Kabongan Kidul). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (661kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Aditya Galih Fadilla.zip
Restricted to Repository staff only

Download (49MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)

Abstract

Sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Good Government (pemerintahan yang baik), desa Kabongan Kidul, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, saat ini dituntut untuk dapat memanfaatkan website sebagai salah satu media dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan desa terhadap masyarakat. Meskipun selama ini desa Kabongan Kidul sudah menggunakan sistem informasi desa (SID) akan tetapi pelayanan terhadap warga desa masih dominan dilakukan secara konvensional dikarenakan fitur yang tersedia pada sistem informasi desa masih terbilang sangat minim ditambah lagi dengan tampilan sistem yang terbilang standar sehingga kurang diminati oleh masyarakat. Terkait dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang tampilan user interface berdasarkan kebutuhan pihak desa Kabongan Kidul pada sistem informasi desa dengan menggunakan metode Goal-Directed Design yang terdiri dari 6 fase. Fase research, mencari kebutuhan sistem yang diinginkan oleh pengguna. Fase modelling, mencari karakteristik pengguna dengan membuat user persona. Fase requirement, menghasilkan skenario pengguna dan menjelaskan kebutuhan sistem dengan menggunakan Hierarchical Task Analysis. Fase framework definition, membuat struktur antar muka dalam bentuk wireframing. Fase refinement, menyempurnakan struktur antar muka ke bentuk high-fidelity. Fase development support, merupakan fase pengujian kualitatif kepada pengguna dengan menggunakan penilaian berdasarkan System Usability Scale (SUS) yang kemudian disesuaikan melalui wawancara mendalam (depth interview) guna mendapatkan umpan balik terhadap prototype sistem informasi desa yang sesuai dengan kebutuhan. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah prototipe yang memiliki ketepatan yang tinggi (high fidelity prototype) baik dari segi usability maupun tampilan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pujastuti, Eli
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Desa, User Interface, The Principle Beautiful Web Design, Goal-Directed Design
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:38
Last Modified: 11 Sep 2023 03:38
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21434

Actions (login required)

View Item View Item