Rahmadani, Afrizal (2023) ANALISIS STRATEGI DAKWAH MADRASAH VIRTUAL ULUL ALBAB DALAM MENGENALKAN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS DIGITAL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (313kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (125kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ketertarikan peneliti mengenai perkembangan teknologi di era sekarang serba digital dan perkembangannya yang semakin pesat. Pada era digital, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi yang semakin canggih dapat membantu sebagian besar kebutuhan manusia, serta mempermudah dalam pekerjaan dan pendidikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi dakwah di Madrasah Virtual Ulul Albab dalam mengenalkan pendidikan Islam berbasis digital. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu suatu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari informan atau seseorang yang dapat diamati. Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa atau kejadian yang sedang terjadi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dengan melibatkan empat orang penting pada objek yang diamati, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori perencanaan (Theory of Planning). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan di Madrasah Virtual Ulul Albab dalam mengenalkan pendidikan Islam berbasis digital menggunakan strategi sentimental (al-manhaj al-athifi). Dalam konteks dakwah, strategi sentimental ini fokus terhadap aspek hati dan menggerakkan perasaan bagi mitranya. Siswa/i madrasah virtual ini rata-rata di daftarkan oleh orangtuanya, selain itu siswa yang tertarik untuk mengikuti pembelajaran di madrasah virtual ini juga dengan alasan ingin belajar ilmu agama lebih dalam. Selain itu kurangnya pemahaman dan pengelolaan terkait fitur-fitur yang ditawarkan juga menjadi penyebab gagalnya penerapan strategi pemasaran digital melalui periklanan yang ada di media sosial Facebook dan Instagram.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Dakwah Berbasis Digital, Madrasah Virtual, Tahapan Perencanaan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Sep 2023 01:42 | ||
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:14 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21402 |
Actions (login required)
View Item |