Affandi, Muhklis Abdul (2023) REPRESENTASI MAKNA BAHAGIA DALAM IKLAN YOUTUBE EDISI RAMADHAN (Analisis Semiotika Iklan Ramayana “Bahagianya adalah Bahagiaku”). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (616kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (376kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (90kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
Abstract
Kebahagiaan dapat digambarkan pada suatu tindakan atau dapat berupa sikap. Peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana makna bahagia direpresentasikan dalam iklan Ramayana edisi Ramadhan “Bahagianya adalah Bahagiaku” yang menggunakan analisis semiotika Ronald Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan mengunakan paradigma pragmatis dan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes dan juga teori representasi. Penulis mendapatkan data primer yang didapat dari video Youtube dari Ramayana yaitu Ramayana Departement Store. Kemudian penulis juga dalam mendapatkan data sekunder sebagai referensi adalah jurnal penelitian, artikel, buku, skripsi terdahulu, website, dan lain sebagainya. Metode analisis semiotika Roland Barthes dibagi dalam signifikasi dua tahap yaitu denotasi, konotasi dan juga mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, makna bahagia atau kebahagiaan dalam Iklan Ramayana edisi Ramadhan “Bahagianya adalah Bahagiaku” dapat direpresentasikan dalam tindakan dan berupa sikap positif yang dapat diambil dari semua adegan antara lain sikap peduli, taat dan patuh, adanya komunikasi yang baik, saling memahami kondisi satu sama lain, dan sikap saling menghargai.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Semiotika, Iklan, Makna Bahagia, Ramayana, Representasi | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Sep 2023 01:34 | ||
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:32 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21397 |
Actions (login required)
View Item |