REPRESENTASI MAKNA BAHAGIA DALAM IKLAN YOUTUBE EDISI RAMADHAN (Analisis Semiotika Iklan Ramayana “Bahagianya adalah Bahagiaku”)

Affandi, Muhklis Abdul (2023) REPRESENTASI MAKNA BAHAGIA DALAM IKLAN YOUTUBE EDISI RAMADHAN (Analisis Semiotika Iklan Ramayana “Bahagianya adalah Bahagiaku”). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (616kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)

Abstract

Kebahagiaan dapat digambarkan pada suatu tindakan atau dapat berupa sikap. Peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana makna bahagia direpresentasikan dalam iklan Ramayana edisi Ramadhan “Bahagianya adalah Bahagiaku” yang menggunakan analisis semiotika Ronald Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan mengunakan paradigma pragmatis dan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes dan juga teori representasi. Penulis mendapatkan data primer yang didapat dari video Youtube dari Ramayana yaitu Ramayana Departement Store. Kemudian penulis juga dalam mendapatkan data sekunder sebagai referensi adalah jurnal penelitian, artikel, buku, skripsi terdahulu, website, dan lain sebagainya. Metode analisis semiotika Roland Barthes dibagi dalam signifikasi dua tahap yaitu denotasi, konotasi dan juga mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, makna bahagia atau kebahagiaan dalam Iklan Ramayana edisi Ramadhan “Bahagianya adalah Bahagiaku” dapat direpresentasikan dalam tindakan dan berupa sikap positif yang dapat diambil dari semua adegan antara lain sikap peduli, taat dan patuh, adanya komunikasi yang baik, saling memahami kondisi satu sama lain, dan sikap saling menghargai.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mahendra P, Angga Intueri
Uncontrolled Keywords: Analisis Semiotika, Iklan, Makna Bahagia, Ramayana, Representasi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:34
Last Modified: 30 Jan 2024 07:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21397

Actions (login required)

View Item View Item