INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PEMERINTAH KABUPATEN JEPARA DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Sari, Novi Puspita (2023) INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PEMERINTAH KABUPATEN JEPARA DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan suatu tolak ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata. Sehingga diperlukan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui penciptaan inovasi. Oleh karena itu penulis mengkaji inovasi pelayanan publik terkhusus dalam bidang administrasi kependudukan, karena administrasi kependudukan merupakan pelayanan yang penting dan strategis, cakupannya yang luas meliputi seluruh penduduk Indonesia sejak lahir sampai meninggal; dan dinamika perubahan kependudukan yang terjadi dari waktu ke waktu juga mempengaruhi kompleksitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan yang dilaksanakan Disdukcapil Jepara dalam proses inovasi serta melihat pemenuhan kriteria-kriteria yang tercantum dalam Permen PAN-RB. Objek dari penilitian ini adalah Inovasi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Jepara Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan yang dikaji menggunakan tahapan dan kriteria menurut PermenPAN-RB no 91 tahun 2021 yang diselaraskan dengan teori proses tahapan inovasi dari Rogers. Kemudian untuk subjek penelitian ini adalah Pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Jepara, Pegawai Pemerintah Desa Bondo, dan Masyarakat. Dalam penelitian ini diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jepara telah menerbitkan 14 jenis inovasi pelayanan adminduk, (2) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jepara telah memenuhi 3 tahapan utama dalam pembinaan inovasi, yakni tahap penciptaan, pengembangan dan kelembagaan inovasi. Serta memenuhi 6 indikator proses inovasi menurut Rogers Everett, yakni tahap mengenali masalah, tahap riset dasar dan aplikatif, tahap pengembangan, tahap komersialisasi, tahap difusi dan adopsi, dan tahap konsekuensi, (3) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jepara telah memenuhi 5 kriteria menurut Permen PAN-RB no 91 tahun 2021.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Wicaksono, Ferri
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan publik, Administrasi kependudukan, Disdukcapil Jepara
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 320 Ilmu politik > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:48
Last Modified: 08 Sep 2023 07:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21392

Actions (login required)

View Item View Item