Sugiyarto, Nafilla (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHICSISTEM TATASURYA SEBAGAI PEMBELAJARAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI NIRMALA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (401kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Nafilla Sugiyarto .zip Restricted to Repository staff only Download (245MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi informasi yang pada saat ini berkembang dengan pesat, sehingga guru dituntut untuk menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan mendorong minat siswa dalam pembelajaran. Perananan media sangat penting untuk keberlangsungan proses pembelajaran Ilmu pengetahuan alam di kelas. Hal ini dikarenakan pemanfaatan media mempunyai banyak keunggulan,salah satunya yaitu mampu mewujudkan benda atau materi yang bersifat abstrak menjadi konkret. Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran berbasis Motion Graphic Untuk Siswa Kelas V di SD Negeri Nirmala. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran berbasis motion graphic untuk siswa kelas V SD Negeri Nirmala yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). Penelitian ini menggunakan 4 tahap pengembangan dari model pengembangan 4-D yaitu : (1) tahap define, (2) tahap design, (3) tahap develop dan (4) tahap disseminate. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan produk untuk membantu siswa dalam memahami materi Tata surya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui motion graphic. Penelitian dilakukan di SD Negeri Nirmala dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V. Untuk tingkat kevalidan produk yang di kembangankan dilakukan uji validalitas oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Sedangkan untuk mengetahui praktikalitas produk, peneliti menyebarkan angket praktikalitas kepada siswa.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Motion Graphic, Sistem Tata Surya | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Sep 2023 03:34 | ||
Last Modified: | 08 Sep 2023 03:34 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21360 |
Actions (login required)
View Item |