PENERAPAN RIGGING KARAKTER PADA FILM ANIMASI 3D ”PENSIL YANG TERBENGKALAI”

Salis, Billy Meiko (2023) PENERAPAN RIGGING KARAKTER PADA FILM ANIMASI 3D ”PENSIL YANG TERBENGKALAI”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Billy Meiko Salis.rar
Restricted to Repository staff only

Download (125MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)

Abstract

Film animasi merupakan salah satu jenis film yang memiliki banyak penggemarnya pada saat ini, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa memiliki kegemaran tersendiri ketika melihat tayangan animasi dengan berbagai jenisnya. Animasi merupakan sebuah karya imajinatif baik berupa 2 dimensi maupun 3 dimensi yang terdiri dari gambaran suatu pergerakan lalu diurutkan pada setiap frame-nya agar menghasilkan adegan-adegan seperti aslinya. Pembuatan animasi 3D terdapat proses rigging, Rigging adalah metode pemberian atau pemasangan tulang pada karakter animasi agar bisa digerakan. Berdasarkan beberapa hal tersebut, penulis akan membahas tentang penerapan rigging karakter pada film animasi 3D yang berjudul “Pensil Yang Terbengkalai”. Penerapan rigging ini digunakan untuk mengekspresikan wajah dan anggota tubuh sehingga bisa digunakan untuk bergerak kedepan, belakang, dan gerakan lainnya. Penulis akan menggunakan software Autodesk Maya, yang diharapkan akan mendukung pembuatan karya tersebut.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Animasi 3D, Rigging, Karakter, Software, Autodeks Maya
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:18
Last Modified: 07 Sep 2023 07:18
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21296

Actions (login required)

View Item View Item