PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME ARCHIPELAGO SAGA MENGGUNAKAN GODOT ENGINE

Jaya, Rizky Chandra (2023) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME ARCHIPELAGO SAGA MENGGUNAKAN GODOT ENGINE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Rizky Chandra Jaya.rar
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi memegang peranan yang sangat penting bagi manusia. Teknologi dapat membantu manusia membangun kreativitas dengan menciptakan hal-hal baru yang bahkan dapat dinikmati seperti sebuah game. Game atau permainan merupakan salah satu media hiburan yang banyak dipilih orang untuk menghilangkan kejenuhan atau sekedar mengisi waktu luang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan game platformer "Archipelago Saga" dengan menggunakan aplikasi Godot Engine. Metode yang digunakan dalam pengembangan game platformer ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Dimulai dari pengembangan konsep, tahap pra-produksi, tahap produksi, hingga pasca-produksi seperti rilis. Game "Archipelago Saga" merupakan sebuah game platformer dimana pemain mengendalikan sebuah karakter atau avatar untuk melompati platform yang menggantung dan menghindari rintangan. Game ini berbasis 2 dimensi dengan menggunakan gaya retro, dimana setiap objek dibuat secara pixelated. Berdasarkan hasil pengujian alpha dengan metode blackbox, dapat disimpulkan bahwa mekanisme dalam game Archipelago Saga dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan tanpa adanya error atau bug. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian beta terhadap pengguna, pengujian aplikasi secara keseluruhan didapatkan persentase sebesar 88,84%, dimana hasil persentase tersebut menunjukkan bahwa penilaian pengguna terhadap kelayakan game Archipelago Saga berada pada kategori "Sangat Baik".

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Game, Game Development Life Cycle (GDLC), Godot Engine, Platformer.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:02
Last Modified: 07 Sep 2023 07:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21289

Actions (login required)

View Item View Item