Jaya, Rizky Chandra (2023) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME ARCHIPELAGO SAGA MENGGUNAKAN GODOT ENGINE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (46kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (994kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Rizky Chandra Jaya.rar Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi memegang peranan yang sangat penting bagi manusia. Teknologi dapat membantu manusia membangun kreativitas dengan menciptakan hal-hal baru yang bahkan dapat dinikmati seperti sebuah game. Game atau permainan merupakan salah satu media hiburan yang banyak dipilih orang untuk menghilangkan kejenuhan atau sekedar mengisi waktu luang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan game platformer "Archipelago Saga" dengan menggunakan aplikasi Godot Engine. Metode yang digunakan dalam pengembangan game platformer ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Dimulai dari pengembangan konsep, tahap pra-produksi, tahap produksi, hingga pasca-produksi seperti rilis. Game "Archipelago Saga" merupakan sebuah game platformer dimana pemain mengendalikan sebuah karakter atau avatar untuk melompati platform yang menggantung dan menghindari rintangan. Game ini berbasis 2 dimensi dengan menggunakan gaya retro, dimana setiap objek dibuat secara pixelated. Berdasarkan hasil pengujian alpha dengan metode blackbox, dapat disimpulkan bahwa mekanisme dalam game Archipelago Saga dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan tanpa adanya error atau bug. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian beta terhadap pengguna, pengujian aplikasi secara keseluruhan didapatkan persentase sebesar 88,84%, dimana hasil persentase tersebut menunjukkan bahwa penilaian pengguna terhadap kelayakan game Archipelago Saga berada pada kategori "Sangat Baik".
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Game, Game Development Life Cycle (GDLC), Godot Engine, Platformer. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Sep 2023 07:02 | ||
Last Modified: | 07 Sep 2023 07:02 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21289 |
Actions (login required)
View Item |