Kurniawan, Doni Udi (2023) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL TATA SURYA DI SMP NEGERI 3 TEMANGGUNG MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (38kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Doni Udi Kurniawan.zip Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi sudah tidak asing lagi bagi kita. Seiring dengan perkembangan ini memiliki manfaat yang banyak bagi manusia terutama dalam bidang edukasi, informasi, komunikasi dan bisnis. Dalam edukasi, penggunaan smartphone atau komputer dapat mempelajari sebuah Tata Surya. Tata Surya merupakan kumpulan benda yang ada di langit yang meliputi Matahari serta benda yang terikat oleh gravitasinya. Pembelajaran Tata Surya akan lebih menarik jika dipelajari seakan – akan ada di lingkungan nyata. Maka dari itu, Augmented Reality perlu diterapkan ke dalam media pembelajaran ini agar meningkatkan minat belajar siswa. AR sendiri merupakan teknologi yang menggabungkan benda virtual ke lingkungan secara nyata atau realtime, sehingga dalam teknik 2D dan 3D semakin canggih dengan menggunakan teknologi Augmented Reality ini. Penerapan AR ini diterapkan dalam pembelajaran Tata Surya pada SMP Negeri 3 Temanggung. Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) memberikan alur penelitian untuk dapat terstruktur dengan baik. Penggunaan metode MDLC cocok dalam pembuatan aplikasi berbasis Android seperti ini. Selanjutnya untuk penerapan setelah uji coba dilakukan dengan pengisian survei melalui google formulir. Dengan pengisian melalui google formulir, dapat mengetahui bagaimana siswa memahami dalam penggunaan aplikasi pembelajaran sistem tata surya. Berdasarkan survei melalui google formulir mendapatkan respon yang sangat baik, kebanyakan siswa sangat senang dan merasa mudah dalam pembelajaran sehingga memberikan kesan yang berbeda dari pembelajaran pada umumnya yang hanya menggunakan buku, diskusi dan simulasi. Selain siswa, para guru juga setuju dengan penerapan pembelajaran melalui aplikasi Augmented Reality. Penggunaan aplikasi ini berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan sehingga dapat terealisasikan untuk siswa kelas 7 di SMP Negeri 3 Temanggung.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Realitas berimbuh, Pembelajaran, Tata Surya | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:56 | ||
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:56 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21205 |
Actions (login required)
View Item |