Marzuki, Rizza Aldiansyah (2023) PEMBUATAN ANIMASI 2D UNTUK SCENE "KEDATANGAN RONI" SEBAGAI PEMBUKAAN NOMINASI INDIE MOVIE BEST SOUND DALAM ACARA BOIM 2023. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (212kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (926kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Rizza Aldiansyah Marzuki.rar Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) |
Abstract
BOIM “Battle of Indie Multimedia” merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Informasi Universitas Amikom Yogyakarta. Kegiatan BOIM ini diadakan sebagai acara yang ditujukan untuk mengapresiasi karya-karya mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta dalam bidang multimedia. Pada tahun 2023, BOIM Mengusung tema "Expect The Unexpected" yang menggambarkan kesulitan mahasiswa dalam beradaptasi dari sistem perkuliahan daring ke sistem tatap muka melalui cerita bertema pertarungan magic antara mahasiswa dan monster jahat. Berdasarkan cerita tersebut maka dibutuhkan konten Animasi 2D dengan teknik frame by frame dalam mewujudkan ilustrasi pertarungan antara monster dan mahasiswa. Metode penelitian yang dapat diterapkan dalam penelitian ini mencakup wawancara dan observasi sebagai metode pengumpulan data, analisis kebutuhan fungsional dan non-fungsional, desain, produksi yang meliputi pra produksi, produksi dan pasca produksi, dan pengujian dengan menggunakan teknik alpha testing dan beta testing. Proses pembuatan animasi ini menggunakan berbagai perangkat lunak seperti ToonBoom Harmony 2020, Clip Studio Paint EX, Davinci Resolve 18, dan Adobe After Effect 2020. Hasil uji yang telah dibahas oleh supervisor dan ahli akan ditindak lanjuti sebagai saran. Diharapkan dari perubahan yang ada dapat membenahi kekurangan dari animasi yang telah dibuat. Dari hasil uji kebutuhan visual dengan menggunakan teknik aplha dan beta testing didapatkan bahwa semua poin kebutuhan visual terpenuhi dan mendapatkan hasil uji kelayakan dengan skor 73,18 skor 74,33% ("Baik") dan 88,25% ("Sangat Baik").
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Frame by frame, Teknik, Perangkat lunak | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:15 | ||
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:15 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21119 |
Actions (login required)
View Item |