PEMBUATAN ANIMASI 2D UNTUK SCENE "KEDATANGAN RONI" SEBAGAI PEMBUKAAN NOMINASI INDIE MOVIE BEST SOUND DALAM ACARA BOIM 2023

Marzuki, Rizza Aldiansyah (2023) PEMBUATAN ANIMASI 2D UNTUK SCENE "KEDATANGAN RONI" SEBAGAI PEMBUKAAN NOMINASI INDIE MOVIE BEST SOUND DALAM ACARA BOIM 2023. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Rizza Aldiansyah Marzuki.rar
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)

Abstract

BOIM “Battle of Indie Multimedia” merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Informasi Universitas Amikom Yogyakarta. Kegiatan BOIM ini diadakan sebagai acara yang ditujukan untuk mengapresiasi karya-karya mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta dalam bidang multimedia. Pada tahun 2023, BOIM Mengusung tema "Expect The Unexpected" yang menggambarkan kesulitan mahasiswa dalam beradaptasi dari sistem perkuliahan daring ke sistem tatap muka melalui cerita bertema pertarungan magic antara mahasiswa dan monster jahat. Berdasarkan cerita tersebut maka dibutuhkan konten Animasi 2D dengan teknik frame by frame dalam mewujudkan ilustrasi pertarungan antara monster dan mahasiswa. Metode penelitian yang dapat diterapkan dalam penelitian ini mencakup wawancara dan observasi sebagai metode pengumpulan data, analisis kebutuhan fungsional dan non-fungsional, desain, produksi yang meliputi pra produksi, produksi dan pasca produksi, dan pengujian dengan menggunakan teknik alpha testing dan beta testing. Proses pembuatan animasi ini menggunakan berbagai perangkat lunak seperti ToonBoom Harmony 2020, Clip Studio Paint EX, Davinci Resolve 18, dan Adobe After Effect 2020. Hasil uji yang telah dibahas oleh supervisor dan ahli akan ditindak lanjuti sebagai saran. Diharapkan dari perubahan yang ada dapat membenahi kekurangan dari animasi yang telah dibuat. Dari hasil uji kebutuhan visual dengan menggunakan teknik aplha dan beta testing didapatkan bahwa semua poin kebutuhan visual terpenuhi dan mendapatkan hasil uji kelayakan dengan skor 73,18 skor 74,33% ("Baik") dan 88,25% ("Sangat Baik").

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Frame by frame, Teknik, Perangkat lunak
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:15
Last Modified: 06 Sep 2023 03:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21119

Actions (login required)

View Item View Item