PENERAPAN TEKNIK MOTION CAPTURE SEBAGAI PENGGERAK EKSPRESI WAJAH DALAM PEMBUATAN ANIMASI KARAKTER 2D

Fauzi, Muhammad (2021) PENERAPAN TEKNIK MOTION CAPTURE SEBAGAI PENGGERAK EKSPRESI WAJAH DALAM PEMBUATAN ANIMASI KARAKTER 2D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (388kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Code-17.11.1393-Muhammad Fauzi - Muhammad Fauzi.rar
Restricted to Repository staff only

Download (740MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.11.1393-Muhammad Fauzi - Muhammad Fauzi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)

Abstract

Seiring dengan majunya teknologi digital, memungkinkan animasi 2D tidak hanya tergantung pada kemampuan drawing saja. Pembuatan karakter dapat dipecah per bagian anggota tubuh sehingga tidak harus menggambar setiap pergerakan satu frame. Motion capture adalah salah satu cara yang dipakai para kreator animasi untuk mengambil gerakan yang dapat diterapkan dalam pembuatan animasi, sehingga gerakan yang didapatkan lebih alami. Penelitian ini menerapkan suatu metode yang dapat mempermudah dan tidak membutuhkan biaya yang tinggi dalam menggerakan animasi, dengan memanfaatkan teknik motion capture tanpa perangkat dan pakaian khusus. Maka dari itu penelitian ini dibuat untuk menerapkan teknik motion capture ke animasi 2D, dengan harapan pergerakan karakter yang dihasilkan dapat mengikuti pergerakan wajah animator. Proses animasi motion capture ini dengan membuat karakter dan bagian anggota tubuh yang diperlukan. Selanjutnnya melakukan riging dan penyesuaian disetiap bagian karakter yang akan dianimasikan. Kemudian proses penganimasianya yaitu dengan melakukan perekaman pergerakan wajah animator dan karakter animasi secara bersamaan. Hasil dari pengujian mengenai kesesuaian gerakan animator pada karakter animasi, animator berhasil membuat gerakan di karakter yang sesuai dengan prinsip-prinsip animasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Animasi, Motion Capture, Animator, Video
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:55
Last Modified: 21 Aug 2023 07:09
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2106

Actions (login required)

View Item View Item