Fauzi, Muhammad (2021) PENERAPAN TEKNIK MOTION CAPTURE SEBAGAI PENGGERAK EKSPRESI WAJAH DALAM PEMBUATAN ANIMASI KARAKTER 2D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (388kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (245kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (44kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Code-17.11.1393-Muhammad Fauzi - Muhammad Fauzi.rar Restricted to Repository staff only Download (740MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.11.1393-Muhammad Fauzi - Muhammad Fauzi.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
Abstract
Seiring dengan majunya teknologi digital, memungkinkan animasi 2D tidak hanya tergantung pada kemampuan drawing saja. Pembuatan karakter dapat dipecah per bagian anggota tubuh sehingga tidak harus menggambar setiap pergerakan satu frame. Motion capture adalah salah satu cara yang dipakai para kreator animasi untuk mengambil gerakan yang dapat diterapkan dalam pembuatan animasi, sehingga gerakan yang didapatkan lebih alami. Penelitian ini menerapkan suatu metode yang dapat mempermudah dan tidak membutuhkan biaya yang tinggi dalam menggerakan animasi, dengan memanfaatkan teknik motion capture tanpa perangkat dan pakaian khusus. Maka dari itu penelitian ini dibuat untuk menerapkan teknik motion capture ke animasi 2D, dengan harapan pergerakan karakter yang dihasilkan dapat mengikuti pergerakan wajah animator. Proses animasi motion capture ini dengan membuat karakter dan bagian anggota tubuh yang diperlukan. Selanjutnnya melakukan riging dan penyesuaian disetiap bagian karakter yang akan dianimasikan. Kemudian proses penganimasianya yaitu dengan melakukan perekaman pergerakan wajah animator dan karakter animasi secara bersamaan. Hasil dari pengujian mengenai kesesuaian gerakan animator pada karakter animasi, animator berhasil membuat gerakan di karakter yang sesuai dengan prinsip-prinsip animasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi, Motion Capture, Animator, Video | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Jun 2022 02:55 | ||
Last Modified: | 21 Aug 2023 07:09 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2106 |
Actions (login required)
View Item |