REPRESENTASI MASKULINITAS IKLAN POSH MEN ROLL ON ACTIVE COOL BUAT LO YANG AKTIFNYA NO LIMIT! MENGGUNAKAN SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE

Fitriana, Fadhilatul Muna (2023) REPRESENTASI MASKULINITAS IKLAN POSH MEN ROLL ON ACTIVE COOL BUAT LO YANG AKTIFNYA NO LIMIT! MENGGUNAKAN SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi menjadikan media sosial seperti YouTube sukses menarik perhatian masyarat, sehingga menjadi peluang perusahaan sebagai media promosi dengan cara mengupload video iklan produk di Youtube, salah satunya iklan Posh Men Roll On Active Cool Buat Lo Yang Aktifnya No Limit! yang diproduksi oleh perusahaan Lion Wings. Iklan tersebut menarik perhatian penulis karena mempresentasikan maskulinitas melalui figur laki-laki yang ditampilkan dalam iklan. Maka penulis ingin melihat bagaimana representasi maskulinitas yang terdapat didalamnya dengan menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure sebagai acuan untuk menjelaskan secara mendalam terkait representasi terhadap tanda-tanda yang terdapat dalam iklan melalui dua konsep yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat representasi maskulinitas pada iklan Posh Men Roll On Active Cool Buat Lo Yang Aktifnya No Limit! menurut Beynon yaitu laki-laki maskulinitas pada tahun 1980-an dan maskulinitas pada tahun 2000-an.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: Maskulinitas, Semiotika, Ferdinand de Saussure, Posh Men, Iklan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:04
Last Modified: 05 Sep 2023 03:04
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21017

Actions (login required)

View Item View Item