Junianto, Aditya (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL BARISTA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KLINIK KOPI JOGJA). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (883kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (286kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (943kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (97kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
Abstract
Komunikasi merupakan salah satu aspek penting yang mendukung manusia untuk menjalankan segala aktivitas sehari-hari. Dalam dunia bisnis, komunikasi interpersonal merupakan salah satu faktor pendorong yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Saat ini, salah satu bisnis yang sedang popular adalah bisnis kedai kopi atau coffee shop. Klinik Kopi merupakan salah satu kedai kopi yang berada di Provinsi D.I. Yogyakarta. Penerapan pelayanan yang diberikan oleh barista selalu mendapat perhatian dari para pelanggannya. Melalui komunikasinya yang terbilang interaktif dan akrab, serta selalu membagikan pengetahuan mengenai kopi menjadi suatu keunikan dari konsep pelayanan di Klinik Kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana teknik komunikasi interpersonal barista dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. penelitian ini disusun menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang akan menjabarkan kutipan secara sistematis. Proses pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Data yang didapatkan pada penelitian ini dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa barista melakukan komunikasi secara interkatif dengan pengembangkan pendekatan dan story telling. Selain itu, barista juga melakukan pelayanan dengan menerapkan teknik komunikasi interpersonal dalam pendekatan humanistik, diataranya yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Kedai kopi, Klinik Kopi, Komunikasi interpersonal, Barista, Kepuasan pelanggan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:57 | ||
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:57 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20999 |
Actions (login required)
View Item |