KOMUNIKASI INTERPERSONAL BARISTA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KLINIK KOPI JOGJA)

Junianto, Aditya (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL BARISTA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KLINIK KOPI JOGJA). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (883kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu aspek penting yang mendukung manusia untuk menjalankan segala aktivitas sehari-hari. Dalam dunia bisnis, komunikasi interpersonal merupakan salah satu faktor pendorong yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Saat ini, salah satu bisnis yang sedang popular adalah bisnis kedai kopi atau coffee shop. Klinik Kopi merupakan salah satu kedai kopi yang berada di Provinsi D.I. Yogyakarta. Penerapan pelayanan yang diberikan oleh barista selalu mendapat perhatian dari para pelanggannya. Melalui komunikasinya yang terbilang interaktif dan akrab, serta selalu membagikan pengetahuan mengenai kopi menjadi suatu keunikan dari konsep pelayanan di Klinik Kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana teknik komunikasi interpersonal barista dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. penelitian ini disusun menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang akan menjabarkan kutipan secara sistematis. Proses pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Data yang didapatkan pada penelitian ini dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa barista melakukan komunikasi secara interkatif dengan pengembangkan pendekatan dan story telling. Selain itu, barista juga melakukan pelayanan dengan menerapkan teknik komunikasi interpersonal dalam pendekatan humanistik, diataranya yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Damastuti, Riski
Uncontrolled Keywords: Kedai kopi, Klinik Kopi, Komunikasi interpersonal, Barista, Kepuasan pelanggan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:57
Last Modified: 04 Sep 2023 07:57
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20999

Actions (login required)

View Item View Item