ANALISIS PERSONAL BRANDING INFLUENCER BUNDA CORLA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Yusuf, Yusuf (2023) ANALISIS PERSONAL BRANDING INFLUENCER BUNDA CORLA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (710kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi - yusuf yusuf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)

Abstract

Setiap manusia tercipta pasti memiliki keunikannya tersendiri di dalam dirinya. Beberapa manusia menyadari keunikan yang ada pada dirinya adalah satu keunggulan didalam dirinya sebagai pembeda dari orang lain. Sebab itu pentingnya membangun Personal branding dalam diri seseorang sebagai keunggulan diri. Media sosial dapat menjadi salah satu cara untuk membangun Personal branding bagi dijaman ini. Contoh media sosial di zaman ini yang sering kali digunakan oleh masyarakat luas adalah media sosial Instagram. Dengan media sosial Instagram menjadikan kejadian baru dimasyarakat luas yaitu selebriti Instagram, yang telah memunculkan sosok-sosok unik yang memiliki citra-citra yang berbeda di akun pribadi masingmasing selebriti Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara membangun Personal branding, bentuk dari Personal branding yang dibangun serta hasil yang didapatkan dari seorang selebriti Instagram yaitu Corlapemilik akun Instagram @Corla_2 dengan jumlah pengikut 5,6 juta yang membangun Personal branding melalui media sosial Instagram. Data yang yang didapatkan, diperoleh melalui hasil observasi melalui akun @Corla_2 yang sering melakukan siaran langsung untuk berinteraksi dengan pengikut-pengikut nya di Instagram, serta dokumentasi berupa foto. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa yang dilakukan selebriti Instagram tersebut melakukan suatu proses membangun Personal branding, hal itu dapat dilihat dari cara membangun Personal branding sang selebriti Instagram yang memiliki suatu perbedaan yang didasarkan atas kompetensi diri masing-masing individu, lalu bentuk Personal branding yang didasarkan atas gaya pribadi yang dimiliki, serta dapat dilihat melalui hasil yang didapatkan dari membangun Personal branding yang didasari atas standar diri yang dimiliki selebriti Instagram Corlaatau yang dikenal sebagai Bunda Corla. Hal tersebut sesuai dengan tiga dimensi pembentuk Personal branding menurut McNally dan Karl. D. Speak yaitu kompetensi diri, gaya, serta standar diri. Sementara itu, Instagram menjadi sebuah media bagi selebriti Instagram Bunda Corla untuk membangun suatu persepsi masyarakat luas akan dirinya melalui konten-konten yang diunggah dan aktivitas siaran langsung dalam akun Instagram @Corla_2.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Damastuti, Riski
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Media Sosial Instagram, Selebriti Instagram
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:32
Last Modified: 23 Jan 2024 07:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20966

Actions (login required)

View Item View Item