Yusuf, Yusuf (2023) ANALISIS PERSONAL BRANDING INFLUENCER BUNDA CORLA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (710kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (299kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (972kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (150kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi - yusuf yusuf.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
Abstract
Setiap manusia tercipta pasti memiliki keunikannya tersendiri di dalam dirinya. Beberapa manusia menyadari keunikan yang ada pada dirinya adalah satu keunggulan didalam dirinya sebagai pembeda dari orang lain. Sebab itu pentingnya membangun Personal branding dalam diri seseorang sebagai keunggulan diri. Media sosial dapat menjadi salah satu cara untuk membangun Personal branding bagi dijaman ini. Contoh media sosial di zaman ini yang sering kali digunakan oleh masyarakat luas adalah media sosial Instagram. Dengan media sosial Instagram menjadikan kejadian baru dimasyarakat luas yaitu selebriti Instagram, yang telah memunculkan sosok-sosok unik yang memiliki citra-citra yang berbeda di akun pribadi masingmasing selebriti Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara membangun Personal branding, bentuk dari Personal branding yang dibangun serta hasil yang didapatkan dari seorang selebriti Instagram yaitu Corlapemilik akun Instagram @Corla_2 dengan jumlah pengikut 5,6 juta yang membangun Personal branding melalui media sosial Instagram. Data yang yang didapatkan, diperoleh melalui hasil observasi melalui akun @Corla_2 yang sering melakukan siaran langsung untuk berinteraksi dengan pengikut-pengikut nya di Instagram, serta dokumentasi berupa foto. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa yang dilakukan selebriti Instagram tersebut melakukan suatu proses membangun Personal branding, hal itu dapat dilihat dari cara membangun Personal branding sang selebriti Instagram yang memiliki suatu perbedaan yang didasarkan atas kompetensi diri masing-masing individu, lalu bentuk Personal branding yang didasarkan atas gaya pribadi yang dimiliki, serta dapat dilihat melalui hasil yang didapatkan dari membangun Personal branding yang didasari atas standar diri yang dimiliki selebriti Instagram Corlaatau yang dikenal sebagai Bunda Corla. Hal tersebut sesuai dengan tiga dimensi pembentuk Personal branding menurut McNally dan Karl. D. Speak yaitu kompetensi diri, gaya, serta standar diri. Sementara itu, Instagram menjadi sebuah media bagi selebriti Instagram Bunda Corla untuk membangun suatu persepsi masyarakat luas akan dirinya melalui konten-konten yang diunggah dan aktivitas siaran langsung dalam akun Instagram @Corla_2.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Personal Branding, Media Sosial Instagram, Selebriti Instagram | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Sep 2023 06:32 | ||
Last Modified: | 23 Jan 2024 07:26 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20966 |
Actions (login required)
View Item |