Puspitasari, Salsabila Audrey (2023) {SKEMA MAGANG (INTERNSHIP)} PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT MENONTON TALKSHOW “TALKCATION” RBTV. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (622kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (331kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (50kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Skema Magang - Publikasi - Salsabila Audrey Puspitasari.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
Abstract
Talkshow merupakan salah satu program siaran televisi atau radio berupa perbincangan atau diskusi mengenai suatu hal yang dipandu oleh seorang host dan menghadirkan narasumber tertentu. Salah satu contoh program siaran televisi berupa talkshow adalah Talkcation. Talkcation sendiri tayang pada stasiun televisi RBTV setiap hari Rabu pukul 09.30 WIB. Program ini diproduksi langsung oleh tim Rumah Kreatif Media yang mana merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta angkatan 2019. Suksesnya sebuah program tentunya dilihat dari seberapa besar antusias penonton terhadap program tersebut. Oleh karena itu, sebuah program memerlukan promosi yang baik untuk menarik minat penonton. Pada era modern ini Talkcation memanfaatkan media sosial yaitu Instagram sebagai sarana mempromosikan programnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pemanfaatan Instagram sebagai media promosi untuk meningkatkan minat menonton program acara televisi Talkcation di RBTV. Teori yang digunakan adalah strategi pemasaran melalui media sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan berfokus pada tim divisi Social Media Manager and Sponsorship Rumah Kreatif Media serta followers Instagram Talkcation. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi berhasil menarik minat masyarakat untuk menonton Talkcation dan berjalan efektif. Berbagai fitur yang dimanfaatkan tim pengelola mampu menunjang ketertarikan para pengguna terhadap Instagram Talkcation terutama pada fitur Reels dan Collabs. Namun kurangnya intensitas dalam merespon tanggapan pengguna Instagram masih menjadi kekurangan tim pengelola media sosial.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Media promosi, Talkcation | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Jul 2023 03:08 | ||
Last Modified: | 25 Jul 2023 03:08 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20785 |
Actions (login required)
View Item |