{SKEMA MAGANG (INTERNSHIP)} PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT MENONTON TALKSHOW “TALKCATION” RBTV

Puspitasari, Salsabila Audrey (2023) {SKEMA MAGANG (INTERNSHIP)} PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT MENONTON TALKSHOW “TALKCATION” RBTV. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (622kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Skema Magang - Publikasi - Salsabila Audrey Puspitasari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)

Abstract

Talkshow merupakan salah satu program siaran televisi atau radio berupa perbincangan atau diskusi mengenai suatu hal yang dipandu oleh seorang host dan menghadirkan narasumber tertentu. Salah satu contoh program siaran televisi berupa talkshow adalah Talkcation. Talkcation sendiri tayang pada stasiun televisi RBTV setiap hari Rabu pukul 09.30 WIB. Program ini diproduksi langsung oleh tim Rumah Kreatif Media yang mana merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta angkatan 2019. Suksesnya sebuah program tentunya dilihat dari seberapa besar antusias penonton terhadap program tersebut. Oleh karena itu, sebuah program memerlukan promosi yang baik untuk menarik minat penonton. Pada era modern ini Talkcation memanfaatkan media sosial yaitu Instagram sebagai sarana mempromosikan programnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pemanfaatan Instagram sebagai media promosi untuk meningkatkan minat menonton program acara televisi Talkcation di RBTV. Teori yang digunakan adalah strategi pemasaran melalui media sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan berfokus pada tim divisi Social Media Manager and Sponsorship Rumah Kreatif Media serta followers Instagram Talkcation. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi berhasil menarik minat masyarakat untuk menonton Talkcation dan berjalan efektif. Berbagai fitur yang dimanfaatkan tim pengelola mampu menunjang ketertarikan para pengguna terhadap Instagram Talkcation terutama pada fitur Reels dan Collabs. Namun kurangnya intensitas dalam merespon tanggapan pengguna Instagram masih menjadi kekurangan tim pengelola media sosial.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartika Sari
Uncontrolled Keywords: Instagram, Media promosi, Talkcation
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:08
Last Modified: 25 Jul 2023 03:08
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20785

Actions (login required)

View Item View Item