Atama, M. Rejali Mulya Bayu Putra (2023) {SKEMA MAGANG (INTERNSHIP)} ANALISIS STRATEGI KONTEN DIGITAL DALAM DISEMINASI INFORMASI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA RI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (946kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Laporan Magang Publikasi - M. Rejali Mulya Bayu Putra Atama.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
Abstract
Sesuai dengan namanya, humas atau hubungan masyarakat adalah perantara dalam menjembatani berbagai kebutuhan publik terhadap penyebaran informasi baik itu di sektor swasta maupun pemerintahan. Perkembangan zaman membuat dunia teknologi pun turut berkembang dan berakibat pada kebutuhan informasi yang kian cepat. Rasa haus akan informasi tentu harus diimbangi juga oleh penyampaian informasi yang cepat dan akurat. Terlebih saat ini dunia telah berada di era digitalisasi, dimana peran teknologi komunikasi perlu diperdalam oleh praktisi humas dalam membuat konten teknologi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi konten digital dalam diseminasi informasi pada media sosial instagram Kementerian Sekretariat Negara RI. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelian kualitatif dengan metode etnografi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori 4C dari Chris Heur untuk melakukan analisi strategi konten digital di Kementerian Sekretariat Negara RI. Dari 4 unsur yang ada dalam teori 4C tersebut terdapatlah hasil dari penelitian ini bahwa Context dilakukan dengan penerapan 2 strategi yakni pemanfaatan fitur media sosial dan membagi konten menjadi 3 pilar yaitu pilar informatif, edutainment, dan interaktif. Communication dengan membagi jenis unggahan menjadi foto dan video, ditambah dengan penulisan caption yang informatif dan persuasif, serta penggunaan hashtag yang terdiri dari trending hashtag, branded hashtag, dan produk hashtag. Collaboration dengan melakukan kerja sama dengan pihak internal maupun eksternal untuk dapat mencapai hasil yang lebih efektif dan efisien agar sesuai dengan tujuan dan harapan. Connection dengan mengandalkan konten pilar interaktif yakni konten kuis berhadiah dan adanya SOP yang dapat menghambat unsur connection dalam penggunaan media sosial @kemensetneg.ri.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Diseminasi informasi, Humas, Media sosial | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Jul 2023 03:00 | ||
Last Modified: | 25 Jul 2023 03:00 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20784 |
Actions (login required)
View Item |