{JALUR ARTIST – MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI PENGGUNAAN ADVANCED SKELETON 5 DALAM PROSES PRODUKSI FILM ANIMASI 3D THE PASSENGER

Rizqi, Dimas Maulana (2023) {JALUR ARTIST – MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI PENGGUNAAN ADVANCED SKELETON 5 DALAM PROSES PRODUKSI FILM ANIMASI 3D THE PASSENGER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Jalur Artist Source Code - Dimas Maulana Rizqi.zip
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Jalur Artist Publikasi - Dimas Maulana Rizqi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sebagai bagian dari tahap produksi film animasi 3D, proses rigging karakter animasi 3D merupakan proses yang perlu dilakukan agar produksi film animasi 3D dapat berjalan dengan baik. Permasalahan yang sering dihadapi adalah minimnya teknologi yang dapat mempermudah proses rigging pada karakter animasi 3D yang digunakan, hal ini menyebabkan penurunan efisiensi dan kualitas dari produksi film animasi 3D. Dalam penelitian ini membahas tentang salah satu teknologi perangkat lunak yang dapat digunakan dalam proses rigging karakter. Pembahasan penggunaan dilakukan dengan mengimplementasikan anatomi gerak manusia pada proses rigging karakter film animasi 3D “The Passenger” menggunakan perangkat lunak Advanced Skeleton 5. Dalam perancangan film animasi pada penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pada akhir dari penelitian ini menghasilkan sebuah sistem rigging karakter animasi yang didapatkan dari implementasi penggunaan perangkat lunak Advanced Skeleton 5. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memperkenalkan perangkat lunak Advanced Skeleton 5 yang dapat mempermudah proses produksi film animasi 3D menjadi lebih efisien.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: Animasi, 3D Animasi, Rigging, Rigging karakter, Advanced Skeleton 5
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Jul 2023 04:14
Last Modified: 22 Jul 2023 04:14
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20676

Actions (login required)

View Item View Item