ANALISIS IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI RADIO BALI MANDALA PERKASA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA DIGITAL

Setyawati, Ayu Alit (2023) ANALISIS IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI RADIO BALI MANDALA PERKASA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA DIGITAL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (942kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)

Abstract

Skripsi ini membahas iklim komunikasi organisasi yang terjadi di Radio Bali Mandala Perkasa dengan dilihat dari lima nilai dalam iklim komunikasi seperti, nilai dukungan, nilai partisipasi pembuatan keputusan, kepercayaan, percaya diri, kredibilitas, dan keterbukaan, serta nilai tujuan kinerja yang tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deksriptif. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah seorang pimpinan radio dan empat orang karyawan pada Radio Bali Mandala Perkasa. Media seperti radio menjadi salah satu media dengan tingkat penyebarluasan informasi yang cepat dan secara serentak, baik berupa hiburan maupun berita. Kurangnya sumber daya manusia pada perusahaan membuat sebagian program di Radio Mandala tidak berjalan. Sumber daya manusia yang kurang mengakibatkan struktur organisasi Radio Mandala menjadi tidak seimbang dengan jabatan dan tugas masing-masing karyawan. Iklim yang terjadi di Radio membuat kreativitas karyawan yang dibutuhkan perusahaan untuk membantu meningkatkan eksistensi radio ikut menurun, dan masih ada beberapa karyawan yang belum mengerti bagaimana menyesuaikan diri di era transformasi digital. Berdasarkan pada nilai-nilai iklim komunikasi organisasi, Radio Mandala mampu mempertahankan eksistensinya dengan menggunakan strategi yang terletak pada program siaran serta pada bagaimana cara radio mempertahankan pendengarnya melalui program siaran yang ada.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pamungkas, Andreas Tri
Uncontrolled Keywords: Komunikasi organisasi, Iklim komunikasi organisasi, Transformasi digital, Media massa, Radio Bali Mandala Perkasa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:48
Last Modified: 28 Aug 2023 07:31
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20564

Actions (login required)

View Item View Item