Aditiya, Muchamad (2023) REPRESENTASI FEMINISME IKLAN YOUTUBE SAMPO LIFEBUOY VERSI “KUAT DAN BERKILAU - BARU DENGAN MILKNUTRISTRONG!” MENGGUNAKAN SEMIOTIKA JOHN FISKE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (488kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (966kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (96kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
Abstract
Perempuan dalam iklan di Indonesia lebih banyak direpresentasikan dalam sosok tradisional, seperti peran domestik atau subordinat laki-laki. Namun, seiring dengan fenomena gerakan perempuan, membuat beberapa iklan merespon realitas tersebut dengan merepresentasikan perempuan yang setara dengan laki-laki. Salah satunya iklan Sampo Lifebuoy Versi “Kuat dan Berkilau – Baru dengan MilkNutristrong!” di YouTube yang sangat menarik perhatian peneliti. Secara sekilas iklan tersebut merepresentasikan feminisme melalui figur perempuan yang ditampilkan dalam iklan. Maka peneliti ingin melihat bagaimana representasi feminisme yang terdapat di dalamnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori representasi Stuart Hall dan semiotika model John Fiske sebagai pisau bedah karena dapat menguraikan representasi terhadap tanda-tanda yang terdapat dalam sebuah iklan melalui 3 level analisis yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan paradigma kontruktivis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa representasi feminisme yang terkandung dalam iklan Lifebuoy Versi “Kuat dan Berkilau – Baru dengan MilkNutristrong!” di situs YouTube sesuai dengan aliran feminisme liberal yang menuntut adanya adanya kesempatan dan hak yang sama antara kaum laki-laki dengan kaum perempuan dalam segala bidang. Sosok perempuan dalam iklan ini digambarkan sebagai sosok yang memperoleh hak dan kesempatannya sama seperti laki-laki dalam sebuah olahraga yang identik dengan kaum laki-laki dan maskulinitas yaitu sepak bola. Selain itu sosok perempuan dalam iklan ini juga digambarkan sebagai sosok yang memiliki peran setara dengan laki-laki baik dari segi kemampuan dan perlakuan yang didapatkan dalam bermain sepak bola.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Feminisme, Semiotika, John Fiske, Lifebuoy, Iklan, YouTube | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:57 | ||
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:57 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20539 |
Actions (login required)
View Item |