REPRESENTASI FEMINISME IKLAN YOUTUBE SAMPO LIFEBUOY VERSI “KUAT DAN BERKILAU - BARU DENGAN MILKNUTRISTRONG!” MENGGUNAKAN SEMIOTIKA JOHN FISKE

Aditiya, Muchamad (2023) REPRESENTASI FEMINISME IKLAN YOUTUBE SAMPO LIFEBUOY VERSI “KUAT DAN BERKILAU - BARU DENGAN MILKNUTRISTRONG!” MENGGUNAKAN SEMIOTIKA JOHN FISKE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (488kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)

Abstract

Perempuan dalam iklan di Indonesia lebih banyak direpresentasikan dalam sosok tradisional, seperti peran domestik atau subordinat laki-laki. Namun, seiring dengan fenomena gerakan perempuan, membuat beberapa iklan merespon realitas tersebut dengan merepresentasikan perempuan yang setara dengan laki-laki. Salah satunya iklan Sampo Lifebuoy Versi “Kuat dan Berkilau – Baru dengan MilkNutristrong!” di YouTube yang sangat menarik perhatian peneliti. Secara sekilas iklan tersebut merepresentasikan feminisme melalui figur perempuan yang ditampilkan dalam iklan. Maka peneliti ingin melihat bagaimana representasi feminisme yang terdapat di dalamnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori representasi Stuart Hall dan semiotika model John Fiske sebagai pisau bedah karena dapat menguraikan representasi terhadap tanda-tanda yang terdapat dalam sebuah iklan melalui 3 level analisis yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan paradigma kontruktivis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa representasi feminisme yang terkandung dalam iklan Lifebuoy Versi “Kuat dan Berkilau – Baru dengan MilkNutristrong!” di situs YouTube sesuai dengan aliran feminisme liberal yang menuntut adanya adanya kesempatan dan hak yang sama antara kaum laki-laki dengan kaum perempuan dalam segala bidang. Sosok perempuan dalam iklan ini digambarkan sebagai sosok yang memperoleh hak dan kesempatannya sama seperti laki-laki dalam sebuah olahraga yang identik dengan kaum laki-laki dan maskulinitas yaitu sepak bola. Selain itu sosok perempuan dalam iklan ini juga digambarkan sebagai sosok yang memiliki peran setara dengan laki-laki baik dari segi kemampuan dan perlakuan yang didapatkan dalam bermain sepak bola.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: Feminisme, Semiotika, John Fiske, Lifebuoy, Iklan, YouTube
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:57
Last Modified: 18 Jul 2023 06:57
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20539

Actions (login required)

View Item View Item