ANALISIS SWOT DALAM MENGEMBANGKAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UMKM DESA KARANGREJO, KECAMATAN BOROBUDUR, KABUPATEN MAGELANG

Warintrioktama, Fajar Akhmad (2023) ANALISIS SWOT DALAM MENGEMBANGKAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UMKM DESA KARANGREJO, KECAMATAN BOROBUDUR, KABUPATEN MAGELANG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)

Abstract

UMKM adalah perusahaan kecil yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau dimiliki oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu. UMKM berkembang di tengah – tengah masyarakat terutama di Desa Karangrejo, sebagai Desa Wisata unggulan di kawasan Borobudur potensi yang dimiliki cukup banyak salah satunya UMKM tersebut. Setiap tiga UMKM di Desa Karangrejo yaitu Wedang Rempah Borobudur, Batik Setumbu dan Gubuk Kopi (Edukasi Gula Jawa) masing – masing memiliki strategi pemasarannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan tiga UMKM tersebut untuk meningkatkan penjualan produk sehingga menjadi salah satu faktor Desa Karangrejo menjadi Desa Wisata unggulan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana data diperoleh dengan melakukan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk memanfaatkan peluang dan memaksimalkan kekuatan, mengurangi kelemahan serta menghindari ancaman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari dua UMKM yaitu Wedang Rempah Borobudur dan Gubuk Kopi (Edukasi Gula Jawa) menerapkan strategi online yang memanfaatkan media sosial untuk promosi. Dan secara offline ketiga UMKM tersebut memiliki strategi pemasaran yang sama yaitu bekerjasama dengan pelaku wisata, operator wisata, dan komunitas untuk mendatangkan pengunjung ke tempat mereka untuk melakukan praktik langsung, serta secara langsung pengunjung akan mengenal Desa Karangrejo.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Kalis
Uncontrolled Keywords: UMKM, Strategi komunikasi pemasaran, Wisata, SWOT
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:32
Last Modified: 18 Jul 2023 06:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20531

Actions (login required)

View Item View Item