RESEPSI AUDIENS TERKAIT PENGHARGAAN DIRI PEREMPUAN DALAM VIDEO KLIP TUTUR BATIN KARYA YURA YUNITA

Rachma, Asti Annisa (2023) RESEPSI AUDIENS TERKAIT PENGHARGAAN DIRI PEREMPUAN DALAM VIDEO KLIP TUTUR BATIN KARYA YURA YUNITA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)

Abstract

Penghargaan diri perempuan merupakan sebuah kasus yang banyak terjadi saat ini pada perempuan Indonesia. Hal tersebut dikarenakan adanya standarisasi masyarakat kepada para perempuan Indonesia dengan tuntutan supaya tampilda sempurna di mata mereka. Terjadinya kasus tersebut menjadikan Yura Yunita menciptakan video klip lagu Tutur Batin sesuai dengan keadaan perempuan Indonesia dengan adanya permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana resepsi para audiens terkait penghargaan diri perempuan dalam video klip Tutur Batin karya Yura Yunita. Penelitian ini menggunakan teori harga diri dan representasi. Pada penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis resepsi. Hasil dari penelitian ini diketahui sebagian besar dari enam audiens masuk dalam pemaknaan dominan mereka berpendapat sama atas apa yang disampaikan produsen dalam video klip tersebut yaitu terdapatnya penghargaan diri dalam video klip Tutur Batin karya Yura Yunita. Sebagian diantaranya, masuk dalam pemaknaan negosiasi yang sependapat dengan apa yang disampaikan produsen namun memiliki pendapatnya sendiri dan satu audiens masuk dalam pemaknaan oposisi karena audiens tidak sependapat atas apa yang disampaikan produsen karena memaknai penghargaan diri dalam video klip Tutur Batin dengan pendapat berbeda Hasil tersebut didapatkan pengaruh pendapat dan faktor latar belakang usia, pengalaman hidup, tingkat pendidikan, serta pekerjaan audiens yang berbeda.Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bekal tambahan informasi dan lebih memperhatikan penghargaan diri dalam diri sendiri dan orang lain.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adiyanto, Wiwid
Uncontrolled Keywords: Video klip, Perempuan, Representasi, Penghargaan diri, Resepsi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:56
Last Modified: 18 Jul 2023 04:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20521

Actions (login required)

View Item View Item