Miratih, Miratih (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA TEBING BREKSI MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (991kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (331kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (136kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
Abstract
Sektor kepariwisataan di Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Maka, dengan perkembangan tersebut dapat memelihara kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup. Sehingga, pariwisata ini merupakan penyumbang terbesar bagi devisa negara serta daerah yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi komunikasi pemasaran wisata Tebing Breksi melalui Instagram dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Objek wisata ini terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta. Dalam era digital ini, Instagram berfungsi sebagai media sosial dalam bentuk visual yaitu berupa gambar dan video untuk dipublikasikan tanpa memandang waktu dan tempat. Metode penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan studi kasus pada akun Instagram resmi Tebing Breksi yaitu @tebingbreksi_official. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pengelola wisata, observasi, teknik penentuan informan, dan dokumentasi yang dilakukan melalui sumber jurnal dan menganalisis akun Instagram @tebingbreksi_official. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran melalui Instagram berhasil meningkatkan jumlah pengunjung pada wisata Tebing Breksi. Strategi yang dilakukan juga menerapkan media richness theory (MRT). Dalam Instagram @tebingbreksi_official memenuhi empat kriteria sebagai media kekayaan “rich” menurut Daft & Lengel (1986) yang memiliki kesegaran (immedica), keragaman isyarat (multiple cues), variasi bahasa (language variety), sumber personal (personal source).
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Tebing Breksi, dan Instagram | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:55 | ||
Last Modified: | 18 Jul 2023 04:55 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20520 |
Actions (login required)
View Item |