STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA TEBING BREKSI MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG

Miratih, Miratih (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA TEBING BREKSI MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (991kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)

Abstract

Sektor kepariwisataan di Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Maka, dengan perkembangan tersebut dapat memelihara kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup. Sehingga, pariwisata ini merupakan penyumbang terbesar bagi devisa negara serta daerah yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi komunikasi pemasaran wisata Tebing Breksi melalui Instagram dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Objek wisata ini terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta. Dalam era digital ini, Instagram berfungsi sebagai media sosial dalam bentuk visual yaitu berupa gambar dan video untuk dipublikasikan tanpa memandang waktu dan tempat. Metode penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan studi kasus pada akun Instagram resmi Tebing Breksi yaitu @tebingbreksi_official. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pengelola wisata, observasi, teknik penentuan informan, dan dokumentasi yang dilakukan melalui sumber jurnal dan menganalisis akun Instagram @tebingbreksi_official. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran melalui Instagram berhasil meningkatkan jumlah pengunjung pada wisata Tebing Breksi. Strategi yang dilakukan juga menerapkan media richness theory (MRT). Dalam Instagram @tebingbreksi_official memenuhi empat kriteria sebagai media kekayaan “rich” menurut Daft & Lengel (1986) yang memiliki kesegaran (immedica), keragaman isyarat (multiple cues), variasi bahasa (language variety), sumber personal (personal source).

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Agustina, Dwi Pela
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Tebing Breksi, dan Instagram
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:55
Last Modified: 18 Jul 2023 04:55
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20520

Actions (login required)

View Item View Item