Sa’adah, Sa’adah (2023) FANWAR FANDOM K-POP DI MEDIA SOSIAL TWITTER (Pendekatan Teori Analisis Interaksi). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (773kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (553kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (50kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang fenomena fanwar yang sering muncul di kalangan K-Popers, yang terjadi diantara fandom di media sosial Twitter. Fanwar terjadi karena adanya perselisihan antara satu fandom dengan fandom lainnya. Masing-masing fandom menganggap bahwa fanwar ini dilakukan sebagai bukti dukungan mereka terhadap idola yang mereka sukai. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi komunikasi yang terjadi di antara fandom K-Pop di media sosial Twitter sehingga menimbulkan fanwar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan netnografi, pendekatan netnografi memiliki tujuan dalam memberikan pengertian yang khusus dan bagaimana penggunaan dalam dunia maya. Menggunakan pendekatan netnografi juga berguna dalam pengambilan hasil penelitian dengan cara mendapatkannya dari komunikasi ruang virtual yang ada, menganalisa atau mengobservasi sikap dan pendapat secara virtual. Data yang didapat bersumber dari mewawancarai fandom yang pernah melakukan fanwar di Twitter yang nantinya akan dikaitkan dengan teori yang sesuai. Teori yang digunakan dalam skripsi adalah teori analisis interaksi, dimana dalam teori analisis interaksi terdapat empat tahap yang dilalui. Hasil penelitian ini berupa bagimana awal mula terjadi fanwar fandom di Twitter dan interaksi yang terjadi ketika fandom melakukan fanwar, serta solusi dan bentuk kerja sama yang dilakukan fandom ketika fanwar terjadi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Fanwar, Fandom, K-Pop, Twitter | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:04 | ||
Last Modified: | 18 Jul 2023 04:04 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20504 |
Actions (login required)
View Item |