Heryanto, Ega (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MOTIVASI PROFESI BAGI USIA PRODUKTIF DI DUSUN BABADAN, SENDANGTIRTO, BERBAH, SLEMAN, D.I.YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (424kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (67kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (878kB) |
Abstract
Seperti yang kita ketahui saat ini terdapat berbagai macam media sosial, sepertihalnya facebook, twitter, Instagram, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari berbagai jenis aplikasi media sosial Instagram merupakan media sosial yang digemari dari berbagai golongan usia salah satunya para usia produktif. Penggunaan media sosial instagram dikalangan usia produktif lebih menjuru kepada mencari sumber informasi mengenai pekerjaan, baik dalam mencari lowongan pekerjaan, mencari informasi seputar dunia kerja yang ingin dijalankan, dan menambah wawasan dalam pengetahuan mengenai profesi yang sedang dikerjakan. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini didusun babadan yang berada di Kecamatan Berbah, Kelurahan Sendangtirto, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari media sosial Instagram terhadap motivasi profesi bagi para usia produktif yang berada didusun babadan tersebut. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teori yang digunakan yaitu menggunakan teori S-R (Stimulus-Respon). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar kuesioner secara daring kepada para usia produktif yang ada didusun babadan. Sedangkan untuk analisis data menggunakan SPSS. Berdasarkan analisis uji hipotesis didapatkan bahwa penggunaan media instagram (X) mempunyai nilai koefisien positif 3.150 dengan memiliki nilai sig (0,002) < 0,05, maka H1 diterima. Hal ini berarti penggunaan media instagram (X) secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap motivasi profesi (Y). Sedangkan berdasarkan uji f didapatkan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap motivasi profesi. Sedangkan berdasarkan uji koefisien determinasi didapatkan nilai R square adalah sebesar 0,096 atau 9,6%. Artinya variabel bebas yang terdiri dari penggunaan media instagram (X) dapat menjelaskan variabel motivasi profesi (Y) sebesar 9,6%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media sosial, Profesi, Usia produktif | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:21 | ||
Last Modified: | 16 Aug 2023 07:08 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20492 |
Actions (login required)
View Item |