REPRESENTASI KEGIGIHAN DALAM IKLAN GOJEK VERSI OTOG INSPIRATIF SEKALI (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE)

Fatimah, Desy Nur (2023) REPRESENTASI KEGIGIHAN DALAM IKLAN GOJEK VERSI OTOG INSPIRATIF SEKALI (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)

Abstract

Kegigihan merupakan semangat mencapai keinginannya dan konsisten terhadap pilihannya. Isu yang ada saat ini banyak orang yang mudah putus asa karena pandemi covid 19, maka dengan itu peneliti ingin memotivasi agar lebih semangat, ingat kepada tuhan, dan percaya diri dalam menghadapi rintangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif. Data yang terdapat dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif ditafsirkan dengan sumber referensi ilmiah. Dalam penelitian yang dilakukan kurang lebih 3 bulan yang di awali dengan observasi untuk menentukan masalah, peneliti menemukan keunikan dan permasalahan pada iklan Gojek versi Otog inspiratif sekali. Penelitian ini akan dibedah menggunakan analisis semiotika Ferdinand De Saussure memiliki model diadik signifier (penanda) dan signified (petanda). Kemudian peneliti dapat merepresentasikan kegigihan dari iklan Gojek versi ini, dengan teori representasi Stuart Hall dengan pendekatan konstruktif semiotika. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktif. Dari hasil analisis yang dilakukan dalam iklan tersebut adalah menemukan representasi kegigihan. Makna – makna yang terdapat dalam iklan tersebut dapat kita lihat di scene akhir dari iklan Gojek tersebut. Menemukan tiga representasi kegigihan yaitu representasi kegigihan dalam menuntut ilmu, representasi kegigihan dalam mempertahankan ekonomi keluarga, dan representasi kegigihan dalam menghadapi musibah.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: Representasi, Semiotika, Kegigihan, Iklan Gojek
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:29
Last Modified: 16 Aug 2023 07:39
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20491

Actions (login required)

View Item View Item