Krismantoro, Faris (2023) PERSONAL BRANDING GANJAR PRANOWO MELALUI MEDIA SOSIAL (Analisis Isi Kuantitatif Instagram @Ganjar_Pranowo periode 25 Maret -17 April 2023). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (105kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Media sosial menjadi salah satu platfom yang mudah dimanfaatkan untuk hal tertetu, misalnya untuk komunikasi politik dan komunikasi pemasaran. contoh yaitu sebagai upaya Personal branding melalui sebuah akun instagram. Personal branding yaitu memprepsikan kita sebelum mereka melakukan secara langsung, dengan begitu banyak keuntungan yang di dapat individu untuk membangun popularitas dan perkembangan karir. Salah satu orang yang memanfaatkan media sosial sebagai upaya pembentukan Personal branding dan alat komunikasi politik yaitu Ganjar Pranowo. Ganjar Pranowo bahwa dirinya berhasil dalam membangun Personal branding sebagai politikus yang masuk dengan mengangkat nilai politik melalui aktifitas di media sosial untuk menitik beratkan pada popularitas dan kreadibilitas agar di kenal oleh masyarakat secara luas. pemanfaatan media sosial Instagram sebagai upaya Personal branding Ganjar Pranowo diperlukan guna menjaga elektabilitasnya selama masa pilpres mendatang tahun 2024.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Personal branding yang paling dominan ditampilkan pada akun instagram @ganjar_pranowo selama kurun waktu 25 Maret-17 april 2023. Sampel dari penelitian ini seluruh populasi (total sampling) yaitu sebanyak 53 video. Metode Peneliti menggunakan metode analisis isi kuantitatif yang bersifat deskriptif yaitu menganalisis video dan keterangan menggunakan lembar koding dan rumus holsti serta mengacu pada teori Five brand personality Traits yaitu ketulusan (rendah hati, jujur, memiliki manfaat, gembira), kegembiraan (berani, bersemangat, imajinatif, terbaru), kompetensi (dapat di andalkan, cerdas, sukses), keduniawian (golongan kelas atas, menawan), dan ketangguhan (aktif berkegiatan di luar ruangan, ulet). Hasil penelitian ini menunjukkan akun instagram @ganjar_pranowo memenuhi lima Indikator Five brand personality Traits dengan proporsi yang berbeda dari kelima indikator, kategori ketulusan mendominasi karakter yang membentuk Personal branding Ganjar Pranowo dengan persentase 30.7%, sedangkan kategori ketangguhan yaitu terendah dengan persentase 13%, dapat diketahui bahwa Ganjar Pranowo mengedepankan aspek ketulusan dalam postingan instagramnya yang terdiri dari karakter rendah hati, jujur, memiliki manfaat, gembira.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Personal branding, Media Sosial, Instagram, @ganjar_pranowo, Analisis Isi kuantitatif | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:13 | ||
Last Modified: | 16 Aug 2023 07:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20485 |
Actions (login required)
View Item |