Wicaksono, Novemba Avlen (2023) ANALISIS MAKNA PESAN IKLAN ROKOK A-MILD VERSI HASRAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (46kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
Abstract
Semiotika merupakan metode kajian perihal tanda-tanda, sistem tanda, dan cara bagaimana suatu makna ditarik dari tanda-tanda itu dapat digunakan untuk memahami makna tersirat dari bahasa simbolis dalam suatu media promosi seperti iklan. Tujuan penelitian untuk mengetahui analisis semiotika Ferdinand De Saussure makna pesan iklan rokok A-Mild versi “Hasrat” dengan mengungkap signifier dan signified yang ada pada iklan tersebut. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kajian pustaka, dokumentasi, dan referensi primer. Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa signifier (penanda) dan signified (petanda) yang ada pada iklan rokok A-Mild versi hasrat mengandung pesan tentang sesuatu yang dapat menentukan kesuksesan hidup. Iklan rokok ini juga terindikasi memiliki pesan makna tersembunyi. Merujuk pada nilai-nilai ideologis yang terkandung dalam iklan, terdapat suatu bentuk persuasi iklan, yang secara implisit bertujuan untuk meningkatkan citra rokok di benak konsumen. Hal ini mempengaruhi psikologi konsumen yang secara tidak sadar mempersepsikan rokok sebagai bentuk perilaku elegan (berkonotasikan dengan hedonisme dan kebebasan) atau tidak berbahaya (ironis).
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Iklan, Rokok, Ferdinand De Saussure | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 02:36 | ||
Last Modified: | 18 Jul 2023 02:36 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20480 |
Actions (login required)
View Item |