ANALISIS MAKNA PESAN IKLAN ROKOK A-MILD VERSI HASRAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE

Wicaksono, Novemba Avlen (2023) ANALISIS MAKNA PESAN IKLAN ROKOK A-MILD VERSI HASRAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

Semiotika merupakan metode kajian perihal tanda-tanda, sistem tanda, dan cara bagaimana suatu makna ditarik dari tanda-tanda itu dapat digunakan untuk memahami makna tersirat dari bahasa simbolis dalam suatu media promosi seperti iklan. Tujuan penelitian untuk mengetahui analisis semiotika Ferdinand De Saussure makna pesan iklan rokok A-Mild versi “Hasrat” dengan mengungkap signifier dan signified yang ada pada iklan tersebut. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kajian pustaka, dokumentasi, dan referensi primer. Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa signifier (penanda) dan signified (petanda) yang ada pada iklan rokok A-Mild versi hasrat mengandung pesan tentang sesuatu yang dapat menentukan kesuksesan hidup. Iklan rokok ini juga terindikasi memiliki pesan makna tersembunyi. Merujuk pada nilai-nilai ideologis yang terkandung dalam iklan, terdapat suatu bentuk persuasi iklan, yang secara implisit bertujuan untuk meningkatkan citra rokok di benak konsumen. Hal ini mempengaruhi psikologi konsumen yang secara tidak sadar mempersepsikan rokok sebagai bentuk perilaku elegan (berkonotasikan dengan hedonisme dan kebebasan) atau tidak berbahaya (ironis).

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartika Sari
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Iklan, Rokok, Ferdinand De Saussure
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:36
Last Modified: 18 Jul 2023 02:36
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item View Item