PENGEMBANGAN GAME EDDERKOPP SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PAHLAWAN REVOLUSI

Suprimansyah, Maalikul Mulky (2023) PENGEMBANGAN GAME EDDERKOPP SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PAHLAWAN REVOLUSI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (673kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Maalikul Mulky Suprimansyah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)

Abstract

Pahlawan adalah gelar untuk orang yang sangat dihormati dan berkontribusi pada institusi negara dan melawan penjajahan atau yang gugur di medan perang untuk kemerdekaan Indonesia. Adapula gelar pahlawan revolusi, gelar ini diberikan kepada sejumlah perwira militer yang gugur dalam tragedi G30S yang terjadi di Jakarta dan Yogyakarta pada tanggal 30 september 1965. Masih banyak anak-anak yang kurang paham tentang pahlawan revolusi oleh karena itu harus dikenalkan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa Indonesia sejak mereka mulai duduk di bangku pendidikan. Dengan adanya permasalahan identifikasi pahlawan maka perlu adanya media pembelajaran yang dimanfaatkan, untuk itu memanfaatkan teknologi berbasis android untuk mengenalkan pahlawan revolusi, seperti permainan edukasi pengenalan pahlawan revolusi menjadi media pembelajaran yang nyaman bagi anak-anak untuk mengenal pahlawan revolusi. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC), metode ini mempunyai tahapan seperti Initiation, PreProduction, Production, Testing (Alpha testing, Beta testing), dan Release. Hasil dari pengembangan metode GDLC ini Game Edderkopp dikembangkan menjadi game edukasi untuk pembelajaran interaktif bermain pada anak – anak yang dalam pembuatannya menggunakan software Unity dengan menggunakan bahasa pemograman C# dan penulisan scriptnya menggunakan Visual Studio. Gane yang dikembangkan ini harapnya meningkatkan pengetahuan dan rasa antusia nasionalisme perjuangan pahlawan bangsa Indonesia yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Pahlawan Revolusi, GDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:08
Last Modified: 14 Jul 2023 02:08
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20422

Actions (login required)

View Item View Item