Fitriano, Muhammad Hanif (2023) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS PADA TKIT MU’ADZ BIN JABAL YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (77kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Muhammad Hanif Fitriano.rar Restricted to Repository staff only Download (56MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
Abstract
Augmented reality (AR) adalah jenis teknologi interaktif menggabungkan benda nyata dan virtual yang akan menghasilkan objek 3D yang akan ditampilkan pada layar. Augmented reality yang telah diaplikasikan memiliki cara kerja berdasarkan deteksi citra atau gambar dan biasa disebut marker, dengan menggunakan kamera smartphone kemudian mendeteksi marker yang telah di dicetak. Augmented reality banyak digunakan diberbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan augmented reality digunakan sebagai media pembelajaran agar lebih menarik. Teknologi augmented reality ini dapat diterapkan dalam sistem pembelajaran pengenalan hewan salah satu contohnya adalah jerapah. Penggunaan teknologi Augmented Reality diharapkan bisa menampilkan objek berupa hewan secara virtual 3D dengan menggunakan gambar yang dijadikan marker. Marker yang dideteksi oleh kamera pada smartphone android akan menampilkan objek 3D hewan, sehingga pengguna aplikasi dapat mengamati bagaimana bentuk hewan secara realtime. Pembuatan Augmented Reality kini telah dikembangkan sebagai teknologi modern yang memberikan terobosan baru di bidang teknologi dan informasi. Salah satu aplikasi teknologi Augmented Reality dalam pendidikan adalah pembuatan media pembelajaran berbasis android untuk pengenalan hewan di TK yang bertujuan untuk menciptakan suasana yang lebih interaktif dan menarik TK yang akan menerapkan teknologi ini adalah TKIT Mu’adz Bin Jabal Yogyakarta. TKIT Mu’adz Bin Jabal Yogyakarta mengajarkan banyak pelajaran, salah satunya adalah pengenalan hewan. Dengan memaksimalkan teknologi yang ada untuk proses belajar mengajar, memperkuat emosi guru dan siswa serta menjadikan pendidikan Indonesia yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Pengenalan hewan, Media pembelajaran | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:18 | ||
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20342 |
Actions (login required)
View Item |