PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS PADA TKIT MU’ADZ BIN JABAL YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID

Fitriano, Muhammad Hanif (2023) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS PADA TKIT MU’ADZ BIN JABAL YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Muhammad Hanif Fitriano.rar
Restricted to Repository staff only

Download (56MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)

Abstract

Augmented reality (AR) adalah jenis teknologi interaktif menggabungkan benda nyata dan virtual yang akan menghasilkan objek 3D yang akan ditampilkan pada layar. Augmented reality yang telah diaplikasikan memiliki cara kerja berdasarkan deteksi citra atau gambar dan biasa disebut marker, dengan menggunakan kamera smartphone kemudian mendeteksi marker yang telah di dicetak. Augmented reality banyak digunakan diberbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan augmented reality digunakan sebagai media pembelajaran agar lebih menarik. Teknologi augmented reality ini dapat diterapkan dalam sistem pembelajaran pengenalan hewan salah satu contohnya adalah jerapah. Penggunaan teknologi Augmented Reality diharapkan bisa menampilkan objek berupa hewan secara virtual 3D dengan menggunakan gambar yang dijadikan marker. Marker yang dideteksi oleh kamera pada smartphone android akan menampilkan objek 3D hewan, sehingga pengguna aplikasi dapat mengamati bagaimana bentuk hewan secara realtime. Pembuatan Augmented Reality kini telah dikembangkan sebagai teknologi modern yang memberikan terobosan baru di bidang teknologi dan informasi. Salah satu aplikasi teknologi Augmented Reality dalam pendidikan adalah pembuatan media pembelajaran berbasis android untuk pengenalan hewan di TK yang bertujuan untuk menciptakan suasana yang lebih interaktif dan menarik TK yang akan menerapkan teknologi ini adalah TKIT Mu’adz Bin Jabal Yogyakarta. TKIT Mu’adz Bin Jabal Yogyakarta mengajarkan banyak pelajaran, salah satunya adalah pengenalan hewan. Dengan memaksimalkan teknologi yang ada untuk proses belajar mengajar, memperkuat emosi guru dan siswa serta menjadikan pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugroho, Agung
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Pengenalan hewan, Media pembelajaran
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:18
Last Modified: 12 Jul 2023 07:18
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20342

Actions (login required)

View Item View Item