PERANCANGAN UI/UX PADA APLIKASI EXPLORE BURU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Pratama, Nur Aslam Agung Putra (2023) PERANCANGAN UI/UX PADA APLIKASI EXPLORE BURU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Nur Aslam Agung Putra Pratama.rar
Restricted to Repository staff only

Download (104MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Pariwisata di Indonesia telah berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Indonesia adalah salah satu negara dengan destinasi wisata favorit dalam perjalanan wisata. Salah satu daerah dengan tujuan wisatawan adalah Pulau Buru. Pulau Buru memiliki berbagai tempat wisata, di Kabupaten Buru wisata tersebar luas di setiap daerah. Namun, untuk memperoleh informasi terkait lokasi atau tempat-tempat wisata tersebut terkendala karena kurang dan sukarnya media publikasi, media website masih dirasa kurang efektif karena banyaknya informasi yang kurang terstruktur dengan baik, dengan adanya aplikasi wisata yang diberi nama Explore Buru ini diharapkan dapat mempermudah wisatawan dengan memberikan informasi mengenai objek wisata, estimasi harga tiket, dan event-event yang sedang terlaksana di Pulau Buru. Dalam pembuatan aplikasi ini digunakan metode Design Thinking, metode ini digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan berfokus pada kebutuhan pengguna atau user. Dengan metode ini beberapa tahapan yang telah dilakukan oleh penulis selama mengerjakan penelitian ini yaitu adalah empathize, define, ideate, prototype, dan test. Setelah itu dilanjutkan menggunakan usability testing dengan 2 parameter yaitu efektivitas dan kepuasan dengan system usability scale (SUS). Dengan evaluasi tersebut aplikasi Explore Buru sangat diterima dengan baik oleh pengguna, dan Aplikasi ini dapat membantu menyelesaikan masalah yang saat ini di hadapi dalam pengembangan pariwisata Pulau Buru, hal ini dibuktikan dengan hasil ratarata efektivitas sebesar 81,1% dan kepuasan mendapatkan rata-rata SUS sebesar 79,59

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Farida, Lilis Dwi
Uncontrolled Keywords: Design thinking, Usability testing, System Usability Scale (SUS), Pariwisata
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jul 2023 03:22
Last Modified: 12 Jul 2023 07:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20194

Actions (login required)

View Item View Item