Putra, Gafi Akbar (2023) PERANCANGAN GAME EDUKASI “THE KNIGHT OF PURBAYA” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (838kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (60kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code 19.11.2684 Gafi Akbar Putra.rar Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.11.2684 Gafi Akbar Putra.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) |
Abstract
Keragaman budaya dan sejarah yang dimiliki oleh Indonesia yaitu salah satunya adalah cerita rakyat. Secara umum, cerita rakyat menceritakan mengenai peristiwa dari suatu daerah atau asal muasal daerah. Para figure yang muncul di cerita rakyat biasanya digambarkan dalam bentuk manusia, binatang atau dewa. Salah satu cerita rakyat Indonesia yang berasal dari Yogyakarta berjudul “Pangeran Purbaya dan Raksasa Jin Sepanjang”. Cerita rakyat tersebut berisi tentang perjuangan Pangeran Purbaya yang pantang menyerah dalam menaklukkan Hutan Kedu dari Jin Sepanjang. Game saat ini semakin berkembang, namun citra game dimasyarakat belum dianggap sebagai media pembelajaran tetapi hanya sebagai media hiburan. Jika game hanya bersifat untuk kepuasan batin saja dan tidak ada manfaatnya maka bisa saja game tersebut memberikan dampak negatif pada penggunanya. Berdasarkan pengamatan penulis, cerita rakyat ini manarik untuk dirancang menjadi sebuah game edukasi khusus smartphone android. Oleh karena itu dibuatlah game edukasi tentang cerita rakyat dengan judul “The Knight of Purbaya”. Game edukasi ini dirancang menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle) dan software Unity sebagai game engine. Game ini bertujuan untuk menghibur dan mengedukasi anak-anak dalam menambah wawasan tentang cerita rakyat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Cerita Rakyat, Game, Android, Unity, GDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 19 Jun 2023 01:39 | ||
Last Modified: | 23 Jun 2023 02:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19957 |
Actions (login required)
View Item |