PERANCANGAN GAME EDUKASI “THE KNIGHT OF PURBAYA” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY

Putra, Gafi Akbar (2023) PERANCANGAN GAME EDUKASI “THE KNIGHT OF PURBAYA” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (838kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 19.11.2684 Gafi Akbar Putra.rar
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.11.2684 Gafi Akbar Putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)

Abstract

Keragaman budaya dan sejarah yang dimiliki oleh Indonesia yaitu salah satunya adalah cerita rakyat. Secara umum, cerita rakyat menceritakan mengenai peristiwa dari suatu daerah atau asal muasal daerah. Para figure yang muncul di cerita rakyat biasanya digambarkan dalam bentuk manusia, binatang atau dewa. Salah satu cerita rakyat Indonesia yang berasal dari Yogyakarta berjudul “Pangeran Purbaya dan Raksasa Jin Sepanjang”. Cerita rakyat tersebut berisi tentang perjuangan Pangeran Purbaya yang pantang menyerah dalam menaklukkan Hutan Kedu dari Jin Sepanjang. Game saat ini semakin berkembang, namun citra game dimasyarakat belum dianggap sebagai media pembelajaran tetapi hanya sebagai media hiburan. Jika game hanya bersifat untuk kepuasan batin saja dan tidak ada manfaatnya maka bisa saja game tersebut memberikan dampak negatif pada penggunanya. Berdasarkan pengamatan penulis, cerita rakyat ini manarik untuk dirancang menjadi sebuah game edukasi khusus smartphone android. Oleh karena itu dibuatlah game edukasi tentang cerita rakyat dengan judul “The Knight of Purbaya”. Game edukasi ini dirancang menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle) dan software Unity sebagai game engine. Game ini bertujuan untuk menghibur dan mengedukasi anak-anak dalam menambah wawasan tentang cerita rakyat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurcholis, M. Tofa
Uncontrolled Keywords: Cerita Rakyat, Game, Android, Unity, GDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:39
Last Modified: 23 Jun 2023 02:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19957

Actions (login required)

View Item View Item