Prihantoro, Nurfan Bagus (2010) PENERAPAN PHP DALAM RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN KAMAR BERBASIS WEB HOTEL GRAGE RAMAYANA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_06.11.1231 Nurfan Bagus Prihantoro.zip Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Secara teknis, sistem informasi dalam Hotel Classic dibagi menjadi dua (sistem informasi front office dan back office ). Sistem informasi front office digunakan untuk menangani masalah- masalah operasional hotel, dan masalah yang secara umum dalam front office hotel adalah masalah operasional dari sebuah hotel seperti reservasi kamar, pelayanan tamu dan pembayaran tamu sehingga diusulkan penelitian yang dapat menjadi solusi-solusi dari permasalahan yang ada dan membantu. Informasi yang akurat dan aktual sangat dibutuhkan oleh wisatawan yang akan melakukan reservasi online. Kondisi saat ini terhalang kendala dalam proses reservasi. Tamu tidak mengetahui apakah hotel yang akan digunakan untuk menginap masih tersedia kamar atau tidak. Jika dilakukan secara langsung, surat, telepon atau e-mail akan mengakibatkan banyak memakan waktu dan biaya. Kondisi itulah yang membuat sistem reservasi online via internet menjadi sangat efektif dan efisien untuk menghadapi kendala tersebut. Berangkat dari hal tersebut, Penulis merancang suatu Sistem Reservasi yang menyajikan informasi hotel, dalam hal ini HOTEL GRAGE RAMAYANA JOGJA . Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa masalah-masalah dari sistem yang sedang berjalan serta menganalisa dan merancang suatu sistem yang menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan adalah : studi pustaka, survei lapangan, metode analisa dan metode perancangan ( perancangan web-based, spesifikasi proses dan perancangan basis data ). Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah penyelesaian masalah pada operasional front office khususnya dalam bagian reservasinya dengan adanya perancangan sistem informasi baru pemesanan kamar berbasis website. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem baru yang diusulkan mampu menangani masalah yang ada pada proses reservasi secara online.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sistem informasi, Reservasi, Hotel, Booking room, Website aplikasi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jun 2023 07:00 | ||
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:20 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19726 |
Actions (login required)
View Item |